Jenis penyakit dan pengobatannya – Radang anak telinga

| July 30, 2012 | 0 Comments

RADANG ANAK TELINGA

Radang anak telinga disebabkan oleh pembuluh custachius berbentuk lurus dan lebar. Dengan demikian, kalau terjadi radang disekitar tekak atau rongga hidung, menjalarlah berjenis basil melalui pembuluh custachius menuju anak telinga. Akibatnya terjadi peradangan, dan bernanah yang diikuti selesma atau influensa.

Berikut beberamuan obat herba radang anak telinga :

  • Daun kecubung 10 lembar, dicuci lalu digiling halus. Remas dengan minyak kelapa 2 sdm yang telah dihangatkan lebih dahulu. Peras dan saring, minyak peras ini teteskan pada anak telinga yang sakit 3 x sehari 5 tetes.
  • Belimbing wuluh 4 buah, bawang merah 4 butir, daun kemangi 40 lembar. Dicuci dan ditumbuk halus. Remas dengan minyak zaitun 2 sdm. Sesudah diperas, disaring. Air perasan ini teteskan pada anak telinga 3 – 5 x sehari 4 tetes.
  • Biji kapas 1 sdt, daun iler 1/4 genggam, rimpang cekur 1 jari. Dicuci dan semuanya ditumbuk halus. Rebus dengan air bersih 2 gelas hingga airnya tinggal 1/2 – nya. Sesudah dingin, saring dan airnya ini diteteskan pada anak telinga yang sakit 4 x sehari 4 tetes.

Sumber : Buku resep-resep obat tradisional

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: