Jenis penyakit dan pengobatannya – Radang rahim dan radang susu

| January 31, 2011 | 0 Comments

RADANG RAHIM

Radang rahim disebabkan oleh tumor, kista, poliiep, dll. Sebab lain bisa juga karena adanya gangguan pada kelenjar-kelenjar buntu dan peredaran yang kacau akibat penyakit paru-paru atau jantung.

Berikut beberapa ramuan obat herba radang rahim :

  • Daun butut tikus 10 lembar, daun tapak liman 10 lembar, daun sumbang coclok 14 lembar, daun sambiloto 50 lembar, kayu rapat 1/2 jari, gula enau 3 jari. Semua bahan ini dicuci dan dipotong-potong lalu direbus dengan air 3 gelas. Biarkan mendidih sampai airnya tinggal 3/4 – nya. Sesudah dingin, disaring lalu diminum 3 x sehari 1/2 gelas.
  • Daun simbar menjangan 3 lembar, dicuci lalu ditumbuk halus. Beri air masak 4 sdm dan garam sebesar biji asam. Remas baik-baik lalu gunakanlah untuk mengurap bagian yang sakit 2 x sehari sebanyak yang diperlukan.

RADANG SUSU

Radang susu sering dialami oleh ibu yang sedang hamil atau sedang menyusui anaknya. Penyakit ini timbul karena perubahan sebagian tubuh untuk memenuhi tugas keibuannya. Penyakit ini sangat menyulitkan tapi jarang menimbulkan bahaya.

Berikut beberamuan obat herba radang susu :

  • Daun pisang biji yang masih muda 1/2 lembar, dicuci lalu digiling halus. Diremas dengan air garam seperlunya. Ramuan ini digunakan untuk megurap susu yang sakit 2 x sehari sebanyak yang diperlukan.
  • Buah mengkudu yang telah masak 2 bauh, dicuci lalu diparut. Remas dengan madu 1 sdm. Peras dan saring lalu minum 2 – 3 x sehari 3 sdm.
  • Daun selasih 3 genggam, dibakar dan diambil abunya. Remas dengan air garam 2 sdm. Ramuan ini gunakanlah mengurap susu yang sakit 2 x sehari sebanyak yang diperlukan.

Sumber : Buku resep-resep obat tradisional

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: