Jenis penyakit dan pengobatannya – Ramuan herba terkilir

| August 19, 2012 | 0 Comments

RAMUAN OBAT TERKILIR

Terkilir berarti ada persendian yang bergeser atau berputar dari tempatnya semula. Jadi terkilir sering menimpa persendian/pergelangan tangan maupun kaki atau anggota tubuh lainnya.

Berikut beberapa ramuan obat herba :

  • Halia 3 jari, dicuci dan diparut lalu diremas dengan air garam seperlunya. Kemudian urapkalah pada bagian yang terkilir 2 x sehari sebanyak yang diperlukan.
  • Jeruk nipis yang telah tua dan banyak airnya 3 buah. Masing-masing dibelah 2 dan diseduh dengan air mendidih 1/2 gelas dalam gelas tertutup. Biarkan air dalam cangkir sampai dingin. Sesudah dingin, diperas dan disaring. Air perasan dicampur dengan minyak gandapura 1 sdm. Sesudah bercampur baik gunakanlah mengurut dan mengurap bagian yang terkilir, diikuti minum air kelapa muda 1/2 gelas 3 x sehari sebanyak yang diperlukan.
  • Serbuk kacang hijau 2 sdm, serbuk biji klebet 2 sdm, kikisan kayu timur 2 sdm, bahan-bahan ini diremas dengan minyak serai 2 sdm dan minyak gandapura 2 sdm. Sesudah diremas, gunakanlah mngurap dan mengurut bagian yang terkilir lalu dibalut. Lakukan 2 x sehari sebanyak yang diperlukan.

Sumber : Buku resep-resep obat tradisonal

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: