Jenis penyakit dan pengobatannya – Ramuan obat herba encok (Rhematik)

| January 20, 2011 | 0 Comments

RAMUAN OBAT HERBA ENCOK (RHEMATIK)

Penyakit encok/rhematik adalah penyakit otot, urat saraf atau sendi-sendi. Penyebabnya belum diketahui secara pasti. Yang nyata bahwa orang berdiam didaerah dingin atau lembab banyak yang terserang encok.

Gejala-gajala penyakit rhematik :

  • Bengkak dan terasa nyeri pada sendi-sendi tulang sipenderita.
  • Biasanya rasa nyeri itu berpindah-pindah.
  • Banyak mengeluarkan keringat yang agak asam dan perut terasa mual.
  • Kadang-kadang urat terasa tegang dan pusing.

Ramuan obat herba rhematik :

  1. Daun encok setengah genggam, dicuci dan ditumbuk halus. Diremas dengan air hangat seperlunya, buatlah ramuan ini untuk melumas dan menggosok bagian yang sakit 2 x sehari sebanyak yang diperlukan.
  2. Jahe 10 jari, dicuci lalu diparut. Diremas dengan arak atau alkohol 1 gelas dan dibiarkan semalam. Sesudah itu diperas dan disaring. Airnya bermanfaat untuk menggosok dan mengurut badan yang sakit 2 x sehari sebanyak yang diperlukan.
  3. Bawang merah 5 butir, jahe 2 jari, dicuci lalu ditumbuk halus. Sesudah halus lalu ditambah tepung terigu 1 gelas dan air masak seperlunya. Diremas baik-baik dan gunakanlah untuk menggosok dan mengurut bagian yang sakit 2 – 3 x sehari sebanyak yang diperlukan.
  4. Daun sirih 10 lb, daun gandawaras 15 lb, daun gletang warak 10 lbakar wangi 1/4 genggam, akar canar babi 1 jari, akar kelintang 2 jari. Bahan-bahan ini dicuci dan ditumbuk halus. Diremas dengan air kapur sirih seperlunya. Buatlah ramuan ini sebagai pelumas untuk meggosok dan mengurut bagian yang sakit 2 x sehari sebanyak yang diperlukan.
  5. Daun jeruk nipis 1/3 genggam, daun ketepeng kerbau 1/3 genggam, daun sirih 10 lb, daun sambiloto 1/3 genggam kulit kayu tija 1 jari, akar pepaya 2 jari, akar kepayang 2 jari, akar kelintang 3 jari, cabai rawit 10 buah. Bahan-bahan ini semua ditumbuk halus dan direndam dalam alkohol 1 liter selama 7 hari. Setelah direndam diperas dan disaring. Air perasan ini sangat bermanfaat untuk mengurut bagian yang sakit 2 x sehari sebanyak yang diperlukan.
  6. Ambil arak 1/2 liter berikut oyot kates gantung 2 genggam, tambah garam 1 sdm. Bahan ini dijemur 2 minggu. Jika tidak ada arak gunakanlah alkohol dari apotik.

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: