Jenis penyakit dan pengobatannya – Ramuan obat herba Frambusia (puru/patek)

| August 2, 2012 | 0 Comments

RAMUAN OBAT HERBA FRAMBUSIA (PURU/PATEK)

Penyakit frambusia adalah disebabkan oleh sejenis bakteri yang berpilin-pilin berbentuk ulir yang disebut treponema perteneue. Penyakit ini banyak terdapat didaerah kita, apalagi didaerah yang sulit mendapatkan air bersih. Frebusia tergolong penyakit menular dan masa tunasnya antara 2 – 4 minggu.

Gejala sakit frembusia :

  • Pada tingkat pertama terdapat sebuah luka yang berbentul-bentul, tertutup oleh keropeng. Tetapi agak tinggi dari permukaan kulit. Kalau keropeng ini dihilangkan terlihatlah warna merah seperti warna frambus. Tingkat ini berlangsung sampai 2 – 3 bulan.
  • Pada tahab kedua ini bibit telah memasauki darah dan menyebar keseluruh tubuh yang menyebabkan rasa sakit pada kepala dan sering kali terasa nyeri pada sendi-sendi tulang.
  • Tahap ketiga sasar bibit penyakit ini semakin meluas dan parah.
  • Akibatnya : Tulang kaki dapat menjadi tebal dan berubah bentuk, Tulang hidung rusak atau bisa hancur, Semakin sakit pada tulang dan sendi-sendi pada tulang.

Pengobatan sakit frambusia :

  1. Akar kangkang 3/4 genggam, dicuci lalu direbus dengan air bersih 3 gelas. Rebus sampai airnya tinggal kira-kira 3/4 -nya. Sesudah dingin disaring lalu diminum 3 x sehari 1/2 gelas.
  2. Kulit batang jambu air 4 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan air bersih 5 gelas. Kalau airnya kira-kira tinggal 1/2 -nya dinginkan dan saring. Minumlah ramuan ini bersama madu seperlunya 3 x sehari 1/2 gelas.
  3. Mungsi 1/2 sdt, dicuci dan digiling halus. Diseduh dengan air panas 1/2 cangkir dan madu 1 sdm. Suam-suam kuku diminum 2 x sehari 1/4 gelas.
  4. Getah godang 3 sdt, dicampur dengan serbuk terusi yang telah dibakar 2 sdt. Ramuan ini berguna untuk mengosok dan mengurap badan yang terkena frambusia.

Sumber : Buku resep-resep obat tradisional

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: