Jenis penyakit dan pengobatannya – Ramuan obat herba gabag

| January 20, 2011 | 0 Comments

RAMUAN OBAT HERBA GABAG

Gabak atau campak adalah penyakit yang banyak menyerang anak-anak dibawah umur 10 tahun. Orang dewasa pun ada kemungkinan kena tular mgabag apabila mereka belum pernah mendapat penyakit ini semasa kecil. Penyakit ini termasuk golongan virus. Masa tunas gabag antara 1 – 2 minggu. Gabag tergolong penyakit menular.

Gejala sakit Gabag :

  • Terasa demam mendadak, kemudian timbul radang pada selaput lendir mata, hidung dan tekak.
  • Batuk dan bersin yang menyerupai penyakit selesma yang berat.
  • Pada hari keempat, demam naik dan timbullah bercak-bercak merah pada kulit. bercak-bercak ini berubah ini berubah menjadi keabu-abuan yang akhirnya hilang tanpa bekas.

Ramuan obat herba sakit gabag :

  1. 10 biji cengkeh direndam 1 malam dengan air matang. Minumlah air rendaman ini dengan air gula.
  2. Daun asam 1 genggam, kunyit 5 jari, dan sedikit garam. Ramuan ini dimasak dan diminum airnya. Supaya lebih enak, bisa ditambah gula enau.
  3. Kulit buah delima yang hampir masak 1 buah, kulit batang kendal 2 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Rebuslah bahan-bahan ini dengan air bersih 5 gelas sampai airnya kira-kira tinggal 3 gelas. Sesudah dingin lalu disaring dan airnya diminum dengan madu seperlunya 3 x sehari 1/2 gelas.
  4. Daun biduri 1/4 genggam, rimpang kunyit 1/2 jari, daun asam muda 1/4 genggam, cuci lalu ditumbuk halus. Beri air masak 1/2 gelas dan madu 1 sdm. Kemudian peras dan saring lalu minum 2 x sehari 2 sdm.

Sumber : Buku resep-resep obat tradisional

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: