Jenis penyakit dan pengobatannya – Ramuan obat herba kencing batu

| January 23, 2011 | 0 Comments

RAMUAN OBAT HERBA KENCING BATU

Kencing batu terjadi karena adanya benda berupa batu kecil didalam piala ginjal, didalam kandung kemih ataupun didalam pipa kemih. Benda yang berupa batu ini kadang-kadang berupa serbuk halus dan kadang kasar seperti batu kerikil. Karena benda – benda ini, terganggulah alat-alat perkencingan. Kandung kemih dan pipa kemih sering tersumbat akibatnya kencing si penderita tidak lancar dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Gambar disamping adalah gambar kumis kucing yang bisa digunakan sebagai herba kencing batu.

Berikut beberapa ramuan herba kencing batu :

  • Akar batang pepaya 5 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan air bersih seperlunya sampai air tinggal 3/4 – nya. Kalau sudah dingin disaring lalu diminum dengan madu seperlunya 3 x  sehari 1/2 gelas.
  • Tongkol buah jagung 6 batang, dicuci bersih lalu dimasak dengan air bersih 5 gelas, sampai airnya kira-kira tinggal 1/2 – nya. Sesudah dingin, disaring lalu diminum 3 x sehari 1/2 gelas.
  • Akar pohon enau 5 jari, dicuci dan dipotong-potong, kemudian direbus dengan air bersih 5 gelas. Sesudah airnya tinggal separuh, didinginkan lalu disaring dan diminum dengan madu seperlunya minum 3 x sehari 1/2 gelas.
  • Jagung muda 4 buah, daun kumis kucing 1/4 genggam, daun meniran 1/4 genggam, daun keji beling 6 lembar, daun murbei 1/4 genggam, gula enau 3 jari, dicuci dan dipotong seperlunya. Sesudah dipotong-potong, direbus dengan air bersih 4 gelas. Jika airnya sudah tinggal 3/4 – nya, dinginkan lalu saring dan minum 3 x sehari 1/2 gelas.

Sumber : Buku resep-resep obat tradisional

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: