Jenis penyakit dan pengobatannya – Ramuan obat herba malaria

| December 1, 2012 | 0 Comments

RAMUAN OBAT HERBA OBAT MALARIA

Penyakit malaria disebabkan oleh plasmadium malaria yang bersarang dalam sel darah merah. Penularannya dari manusia kemanusia dengan perantara nyamuk yang disebut nyamuk anoples (lihat gambar disamping).

Berikut beberapa ramuan obat herba malari :

  • Jantung pisang ambon 1 buah, dicuci atau kulit luarnya dikupas. Jantung pisang ini ditimbun dalam bara api kurang lebih 1/2 jam. Setelah itu pisang diserut atau ditumbuk menggunakan alat bersih. Kalau sudah lumat diperas airnya dan disaring. Air perasan ini masukkan dalam gelas yang dibubuhi sedikit asam agar rasa pahitnya berkurang. Minumlah pagi hari sebelum makan. Pengobatan cukup dilakukan sekali saja.
  • Akar pohon nangka 5 jari, cuci dan ditumbuk seperlunya. Rebus dengan air 5 gelas dan biarkan mendidih sampai airnya tinggal 1/2 – nya. Sesudah dingin saring lalu diminum dengan air seperlunya.
  • Tempurung kelapa tua 2 telapak tangan, cuci dan pecah-pecah. Bakar semua menjadi bara dan masukkan semua dalam air panas mendidih 2 gelas. Suam-suam kuku disaring lalu diminum 3 x shari 1/2 gelas.

Sumber : Buku resep-resep obat tradisional

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: