Jenis penyakit dan pengobatannya – Ramuan obat herbal cacing kremi (OXYYURSRIS VERMICULARS)

| September 19, 2012 | 0 Comments

RAMUAN OBAT HERBAL CACING KREMI (OXYYURISRIS VERMICULARIS)

Cacing kremi atau cacing kerawit berbentuk bulat-bulat halus seperti benang, berwarna putih dan yang jantan 2 – 5 mm dan betina 8 – 13 mm. Cacing ini hidup dalam usus buntu dan dalam pangkal usus sebelah. Anak keci yang mengidap cacing kremi ini seringkali menggarut duburnya dan tanpa sadar memasaukkan tangannya kembali kedalam mulut. Akibatnya cacing ini semakin banyak menyebar dan jumlahnya kian banyak.

Berikut beberapa ramuan obat herbal cacing kremi :

  • Getah buah pepaya yang masih muda 15 tetes. Getah ini diseduh dengan air panas 1/2 gelas dan bubuhi garam sedikit. Aduk sampai merata, sesudah dingin, diminum 1 x sehari 3 sdm.
  • Tembakau yang enak sebesar buah kemiri, diremas dengan air bersih 2 sdm lalu diperas baik-baik. Sesudah diaduk, digunakan melumas dubur pada waktu bangun pagi 1 x sehari sebanyak yang diperlukan.
  • Bawang putih 3 butir, dikupas dan dikunyah sampai halus. Sesudah halus, ditelan dan disusul minum air hangat 1 – 2 x sehari.
  • Akar pepaya 2 jari, bawang putih 3 butir, gula enau 3 jari. Ramuan ini dicuci dan dipotong-potong lalu direbus dengan air 2 gelas. Didihkan sampai airnya tinggal kira-kira 1/2 -nya. Suam-suam kuku disaring dan diminum 2 x sehari 1 gelas.

Sumber : Buku resep-resep obat tradisional

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: