Jenis penyakit dan pengobatannya – Weil (INTERUS FEBRILIS INFECTIOSUS)

| August 8, 2012 | 0 Comments

WEIL (INTERUS FEBRILIS INFECTIOSUS)

Weil adalah penyakit kena hama (infeksi) secara mendadak. Penyakit ini disebabkan sejenis bakteri halus yang disebut leptospira ictiro haemorrhagie. Jenis bakteri ini banyak ditemukan dalam limpa, hati, darah dan dalam air seni (air kencing). Akibatnya, limpa jadi bengkak atau membesar. Penularan karena terjadi karena persentuhan kulit yang luka dengan air, yang sebelumnya telah ditulari oleh air kencing tikus, kucing dll.

Berikut beberapa ramuan obat herba weil :

  • Buah tomat yang telah masak 3 buah. Dicuci dan dipotong-potng seperlunya. Remas dalam air masak 1/2 gelas dan madu murni 1 sdm. Sesudah diperas, saring lalu minum 3 x sebanyak yang disukai.
  • Daun kemuning 1 genggam, daun sembung 1/4 genggam, daun meniran 1/4 genggam, gula enau 3 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan air 3 gelas dan biarkan mendidih 5 menit. Sesudah dingin, saring lalu minum 3 x sehari 1/2 gelas.
  • Air perasan buah jeruk nipis yang telah masak 2 sdm, diseduh dengan air 1 gelas dan madu 2 sdm. Diaduk lalu diminum 3 x sehari 1/2 gelas.

Sumber : Buku resep-resep obat tradisional

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: