Khasiat Herbal Jeruk Nipis

| October 5, 2012 | 0 Comments

Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang banyak manfaatnya sebagai obat herbal. Jeruk nipis banyak dijumpai dipasar-pasar tradisional. Sifat jeruk nipis ini pahit, asam dan dingin. Bagian dari jeruk nipis yang bisa digunakan sebagai obat herbal adalah buah bagian yang pali ng utama, sedangkan daun, bunga dan akarnya pun bisa digunakan. Jeruk nipis mengandung asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1 dan C.

Jeruk nipis bisa digunakan sebagi obat herbal seperti yang tertera dibawah :

Ini merupakan gambar jeruk nipis

Jeruk Nipis

  • Influenza, batuk
  • Lendir di tenggorokan
  • Demam, panas dan malaria
  • Melangsingkan badan
  • Ketombe
  • Menambah Stamina
  • haid yang tidak teratur
  • Bunga dan daun jeruk nipis digunakan untuk pengobatan:
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi)

Cara Pemakaian

Untuk obat yang diminum  :  peras 1-2 buah jeruk nipis. Perasan ini dapat digunakan tersendiri atau dicampur dengan bahan lainnya.

Untuk pemakaian luar  :  aduk air jeruk nipis dengan bahan alin untuk dikompreskan atau dibalurkan ke bagian tubuh yang sakit, seperti demam pada anak-anak, sakit perut, diare, sakit gigi, nyeri haid, kepala pusing, rematik, kurap, ketombe, jerawat, clavus, terkilir, mengecilkan perut, mengecilkan pori-pori diwajah dan membersihkan lemak di kulit wajah. Air jeruk nipis juga dapat digunakan sebagaiobat kumur pada penderita sakit tenggorokan atau abses tenggorokan.

Berikut adalah beberapa khasiat herbal jeruk nipis :

  1. Batuk Tanpa Demam  :  Potong sebuah jeruk nipis yang telah masak, lalu peras airnya ke dalam gelas. Tambahkan kecap atau madu yang jumlahnya sama banyak dengan air jeruk nipis tadi. Aduk sampai rata, lalu minum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari sampai sembuh.
  2. Batuk, Influenza  :  Potong sebuah jeruk nipisyang masak dan mengandung air yang cukup banyak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan ini sehari 2×2 sendok makan.
  3. Batuk kerana angin, influenza, sakit perut, diare dan nyeri haid  :  Sediakan 5 sendok air makan jeruk nipis, 2 sendok makan minyak kayu putih dan kapur sirih sebesar biji asam. Campur bahan-bahan tersebut lalu diaduk rata. Untuk penderita batuk dan influenza balurkan ramuan tersebut pada leher, dada dan punggung. Untuk penderita sakit perut, diare dan nyeri haid, balurkan ramuan tadi pada bagian perut dan punggung. Lakukan 2-3 kali sehari.
  4. Kepala pusing  :  Cuci 1/2 sendok genggam daun jeruk nipis segar sampai bersih lalu giling halus. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis sambil diaduk rata. Gosokkan ramuan ini pada bagian tengkuk, dahi dan pelipis. Lakukan 2-3 kali sehari.
  5. Radang tenggorokan  :  Potong 3 bauh jeruk nipis masak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 1/2 cangkir air panas, lalu tambahkan 1 sendok makan madu sambil diaduk rata. Selagi hangat, gunakan ramaun ini untuk berkumur dalam mulut dan tenggorokan selama 2-3 menit. Lakukan 3 kali sehari.
  6. Sakit tenggorokan, abses tenggorokan  :  Tuangkan air perasan 2 buah jeruk nipis dalam segelas air garam sambil diaduk rata. Gunakan larutan ini untuk berkumur-kumurn (ditenggorokan)
  7. Lendir di tenggorokan  :  Potong 2 buah jeruk nipis, peras airnya ke dalam gelas. Tambahkan sadikit garam, lalu aduk samapi rata. Ramuan ini dapat diminum pada saat perut kososng.
  8. Demam pada bayi dan anak  :  Potong sebuah jeruk nipis, lalu peras airnya ke dalam cawan. Tambahkan 3 buah bawang merah yang telah diparut, sedikit garam dan 1 sendok makan minyak kelapa, lalu aduk sampai rata. Kompreskan ramuan tadi pada ubun0ubun dan kepala bayi atau anak.
  9. Kurap, panu  :  Cuci 1 genggam akar landep (Barleria prionitis L.) sampai bersih, lalu tumbuk halus. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis sambil diaduk rata. Balurkan pada bagian kulit yang kurap atau panu, lalu balut dengan kain perban. Ganti balutan 2 kalisehari sampai sembuh.

 

Sumber  : multiply.com

 

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: