Penyakit Anosmia atau Hilangnya Fungsi Indra Penciuman

| March 1, 2014 | 0 Comments

gangguan hidungAnosmia

Anosmia merupakan kelainan yang paling sering ditemuai. Anosmia adalah kondisi dimana Indra penciuman atau hidung mengalami kehilangan atau penurunan fungsinya untuk mencium bau. Ini dapat terjadi karena adanya gangguan pada saluran hidung, cedera kepala, dan tumor sulkus olfaktorius misalnya meningioma dan gliomafrontal.

Gangguan ini sering hilang sendiri meskipun pada kasus-kasus tertentu terjadi secaraa permanen, terutama yang berkaitan denag penuaan atau tumor otak. Hilang atau berkurangnya indra penciuman dapat menyebabkan penderitanya kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, gizi buruk, dan bahkan dapat menyebabkan depresi.

Orang yang memiliki Anosmia lengkap, mereka tidak dapat mencium bau sama sekali. Sedang pada orang yang terkena anosmia parsial mereka tidak dapat mendeteksi satu bau atau lebih. Kondisi ini dapat dipengaruhi oleh beberapa perubahan didalam hidung maupun pada syaraf yang berasal dari hidung menuju ke otak. Misalnya ketika hidung tersumbat karena pilek, maka penciuman akan berkurang karena bau tidak dapat sampai pada penerima bau. Dalam kasus memasak juga dapat menganggu bahkan dapat mempengaruhi rasa dari masakan tersebut.

Terkadang sel-sel penciuman mengalami kerusakan sementara yang disebabkan oleh virus flu yang mengakibatkan penderita kesulitan untuk mencium bau maupun dalam merasakan suatu masakan. Kondisi seperti ini dapat terjadi selama beberapa hari maupun minggu, bahkan ada juga yang permanen. Penyabab tersering dari hilangnya fungsi indra penciuman atau Anosmia adalah karena cedera kepala. Hal ini dikarenakan letak dari syaraf penerima bau berada di dasar tengkorak yang memisahkan rongga intrakranial dengan rongga hidung.

Demikian sedikit penjelasan mengenai penyakit Anosmia. Sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan karena kesehatan sangatlah mahal harganya. Semoga dengan yang sedikit ini dapat menambah pengetahuan kita tentang penyakit yang sewaktu-waktu dapat menyarang dan dengan mengetahui penyebabya semoga bisa kita hindari.

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: