Penyakit Batu Empedu, Gejala dan Penyebabnya

| February 8, 2014 | 0 Comments

batu empeduPenyakit Batu empedu

Penyakit Batu Empedu adalah salah satu penyakit yang sering diderita oleh masyarakat. Dengan Gejala Awal hampir sama dengan penyakit maag, banyak masyarakat yang menderita penyakit batu empedu mengira pada awalnya hanya menderita gangguan pencernaan biasa seperti maag. Sehingga banya penderita batu empedu yang memeriksakan dirinya setelah dalam kondisi parah. Penyakit Batu Empedu adalah timbunan kristal yang berada didalam kandung empedu atau saluran empedu.

Gejala Penyakit ABtu Empedu.

Batu empedu yang tinggal diam tidak menimbulkan gejala apa-apa. Namun apabila batu tersebut menyumbat saluran empedu atau mengakibatkan peradangan pada kantung empedu akan menimbulkan serangan hebat yang sakit sekali. Gejala batu empedu yang biasa ditimbulkan antara lain dimulai dengan nyeri akut yang hebat pada bagian atas kanan perut yang menjalar ke punggung. Umumnya serangan batu empedu sering timbul pada malam hari atau sesudah makan terutama sewaktu mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. Makanan yang mengandung lemak tersebut dapat memicu hormon menstimulasi kantong empedu sehingga berkontraksi dan memaksa empedu yang tersimpan di dalamnya keluar dan masuk usus halus. Namun karena ada batu yang menghambat aliran empedu, kantung empedu berkontraksi dengan kuat sehingga timbul rasa nyeri yang hebat.
Gejala Lain yang ditimbulkan adalah Gangguan pencernaan, Mual, Muntah, Gas dalam perut, Sendawa, Berkeringat, Kedinginan, Suhu badan agak tinggi, Feses berwarna cokla

Penyebab Batu Empedu.

Empedu mengandung terlalu banyak kolesterol
Empedu kurang mengandung garam empedu
Kandung empedu tidak berkontraksi sempurna
Infeksi
Gangguan darah (anemia sel sabit)

Demikian sedikit penjelasan mengenai Btu Empedu, Gejala dan Penyebabnya, semoga dari yang sedikit ini dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: