Penyakit Hepatitis dan Jenis – jenisnya

| March 10, 2014 | 0 Comments

hepatitisHepatitis adalah siatu penyakit yang menyerang organ hati. Penyebab penyakit ini adalah adanya infeksi virus ayng mengakibatkan terjadinya peradangan pada organ hati. Penyakit Hepatitis juga merupakan cikal bakal dari penyakit kanker hati yang sangat berbahaya. Kebayakan masyarakat menamakan penyakit ini sebagai penyakit kuning karena orang yang menderita hepatitis semua anggota tubuhnya kan mengalami perubahan warna menjadi kekuning kuningan.

Penyakit Hepatitis merupakan suatu peradangan pada hati yang disebabkan oleh virus. Dan ada beberapa jenis virus yang dapat menyerang organ hati dan mengakibatkan kerusakan pada sel-sel serta fungsi hati. Penyakit Hepatitis banyak digunakan sebagai penyakit yang masuk kesemua jenis penyakit peradangan pada hati. Dan penyebabnya juga tidak hanya oleh infeksi virus saja namun juga bisa karena jenis obat-obatan yang dikonsumsi.

Penyakit Hepatitis dapat menyerang semua kalangan, baik yang muda maupun tua, anak-anak atau dewasa, pria maupun wanita. semua orang bisa terkena penyakit hepatitis ini. bahkan penyakit hepatitis juga banyak menyerang pada bayi usia 0-12 bulan. Proses penularan penyakit hepatitis pada bayi lebih serng terjadi karena seorang ibu yang memiliki riwayat menderita hepatitis juga, bahkan resiko jauh lebih besar pada bayi yang dikandungnya.

Jenis jenis penyakit hepatitis

  • Hepatitis A

Penyakit hepatitis A disebabkan oleh virus yang disebarkan melalui feses manusia yang diakibatkan kesalahan dalam mengkonsumsi suatu jenis makanan dan minuman. Virus hepatitis A atau VHA penyebarannya melalui pembuangan limbah manusia yang dilatar belakangi oleh keadaan lingkungan dan sanitasi yang kurang baik dan bersih. Hepatitis A ini masih tergolong jenis hepatitis yang ringan dan dapat disembuhkan dengan pemberian vaksinasi, lamanya penyakit ini berlangsung 2-6 minggu.

  • Hepatitis B

Hepatitis B adalah suatu penyakit hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B (VHB), suatu anggota famili hepadnavirus yang dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun yang pada sebagian kecil kasus dapat berlanjut menjadi sirosis hati atau kerusakan fungsi hati dan kanker hati.

  • Hepatitis C

Hepatitis C adalah penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis C. Infeksi virus ini dapat menyebabkan peradangan hati (hepatitis) yang biasanya asimtomatik. Virus ini menyebar melalui kontak darah. Gejala pada hepatitis C ini dapat ditangani secara medis dan prorposi pasien dapat dibersihkan dengan jangka panjang. Seseorang yang mengalami infeksi virus ini sering mengalami gejala ringan dan sebagai sebab tidak melakukan perawatan. Diperkirakan 150-200 juta orang di dunia terinfeksi hepatitis C.

  • Hepatitis D

Hepatitis D atau virus Delta adalah virus yang unik yang tidak lengkap dan untuk replikasi memerlukan keberadaan virus hepatitis B. Penularanmnya melalui hubungan seksual, jarum suntik dan transfusi darah, Gejala penyakit hepatitis D bervariasi, dapat muncul sebagai gejala yang ringan (ko-infeksi) atau amat progresif.

  • Hepatitis E

Virus hepatitis E ini merupakan penyebab dari timbulnya penyakit hepatitis E. Penyebarannya melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh virus. Gejala-gejalanya adalah demam, rasa letih, hilang nafsu makan, rasa mual, sakit perut, air seni berwarna kuning tua, serta timbul warna kekuningan pada kulit dan mata. Hepatitis E ini akan semakin parah dan perlu diwaspadai terutama pada ibu yang sedang dalam masa kehamilan pada usia kandungan 3 bulan terakhir. Masa inkubasi virus asalah 40 hari (rentang 15-60 hari).

  • Hepatitis G

Hepatitis G adalah penyakit inflamasi hati yang baru ditemukan. Penyebarannya adalah virus hepatitis G yang menyerupai dengan virus hepatitis C. Penularannya melaui kontak darah dengan pasien. Gejalanya sama dengan jenis hepatitis lainnya.

Demikian penjelaan mengenai penyakit hepatitis dan jenis – jenisnya. Semoga dengan sedikit penjelasan diatas dapat meningkatkan kewaspadaan kita terhadap segala jenis penyakit serta dapat membuat kita semakin peduli terhadap kebersihan lingkungan tempat dimana kita tinggal.

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: