Penyakit Hipertensi dan Cara mengatasinya

| March 8, 2014 | 0 Comments

hipertensiPenyakit Hipertensi

Penyakit Hipertensi biasanya lebih sering diderita oleh orng yang ber usia lanjut. Hipertensi yaitu meningkatnya tekanan darah yang melebihi batas normal. Batasan normal tekanan darah orang dewasa adalah 100 – 140 mmHg, bila berada diatasnya makan dapat dikatakan menderita hipertensi.

Gejala Hipertensi

Ada beberapa hal yang dapat Menjadi Gejala seseorang menderita Hipertensi. Gejala hipertensi yang semakin berat dan kian lama dirasakan akan menampakkan gejala seperti :

Sakit kepala
Sering merasa pusing yang terkadang dirasakn sangat berat
Nyeri perut
Muntah
Anoreksia
Gelisah
Berat badan turun
Keluar keringat secara berlebihan
Epistaksis
Palpitasi
Poliuri
Proteinuri
Hematuri
Retardasi atau pertumbuhan

Cara mengatasi penyakit Hipertensi

Cara alami yang paling baik untuk Mengobati Hipertensi, dapat anda lihat dibawah ini:

  • Memperbanyak konsumsi buah

Adapun langkah pertama yang bisa anda coba adalah dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan serat. Nah buah yang banyak mengandung serta dan baik untuk menurunkan hipertensi seperti jeruk, buah timun, Buah Kiwi, Strawberry, anggur, Melon Kantalop, pisang, apel , buah beri, tomat dan masih banyak buah lainnya yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Memperbanyak konsumsi Sayuran hijau

Sayuran hijau ternyata juga sangat baik untuk membantu anda memulihkan tekanan darah tinggi (darah akan kembali stabil) adapun sayuran hijau yang baik untuk penderita hipertensi adalah sebagai berikut: Buncis, brokoli,dan tak ketinggalan kacang panjang. Ketiga sayuran ini kalau bisa anda masukan kedalam menu harian rutin, supaya hipertensi cepat menurun.

  • Diet Hipertensi

Diet disini bukan seperti diet umumnya namun diet hipertensi adalah dengan mengurangi sedikit demi sedikit sayur yang menggunakan garam, kalau bisa malah sayur yang anda konsumsi tidak usah diberi garam. Tak hanya garam dapur saja yang harus dihindari, usahakan anda juga menghindari makanan yang mengandung sodium tinggi, dan saus.

  • Teknik Relaksasi

Anda dapat sesekali mengikuti program rileksasi seperti yoga, dan sistem meditasi. Teknik relaksasi ini dapat memberikan ketenangan fikiran, sehingga tekanan darah anda dapat terjaga secara normal. Untuk hasil yang maksimal pilih relaksasi pijat (terapi pijat sehingga badan akan lebih tenang dan enak) jika badan terasa enak tentunya fikiran juga dapat terkontrol.

  • Olahraga secara rutin

Usahakan anda meluangkan waktu paling tidak 30 menit dalam sehari, entah itu pagi hari ataupun sore hari, anda dapat melakukan olahraga rutin seperti joging, yoga, bersepeda, dan olahraga santai lainnya.

  • Konsumsi potasium

Salah satu manfaat potassium adalah dapat membantu anda untuk menurunkan tekanan darah. Asupan yang direkomendasikan perhari untuk orang dewasa adalah 3.510 Mg potasium. Nah untuk  menambah potassium melalui makanan anda dapat mengkonsumsi kacang polong. Didalam 100 gram kacang polong mengandung potassium sebanyak 1.300 Mg, makanan lain yang baik adalah papaya, bayam pisang, kurma dan  kol.

  • Herbal

Salah satu herbal yang paling baik untuk menurunkan darah tinggi adalah kunyit, Ginkgo biloba, serta teh hijau.

  • Teknik Penggabungan Bahan

Berikut ini adalah sedikit tips tentang resep sehat menurunkan darah tinggi dengan sari buah yang bisa anda coba.
kombinasi antara buah mentimun dengan labu siam, jus kedua bahan dan saring untuk diambil airnya saja. (Masing-masing buah seberat 200 gram). Minum secara teratur.
Siapkan bahan seperti bawang putih 2 siung, wortel dengan berat 250 gram, dan seledri sebanyak 50 gram, jus semua bahan dan ambil airnya saja. kemudian minulah air jus ini.

Demikian sedikit penjelasan mengenai penyakit hipertensi dan cara mengatasinya. Semoga dengan yang sedikit ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca semuanya

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: