Penyakit Malaria dan Gejala yang ditimbulkannya

| February 4, 2014 | 0 Comments

malariaPenyaki Malaria

Penyakit Malaria adalah salah satu jenis penyakit menular yang disebabkan oleh parasit protozoa dari plasmodium. Plasmodium adalah jenis parasit yang hidup dan berkembang pada darah hewan seperti nyamuk anomales.  Penyakit ini dapat diderita oleh semua kalangan baik orang dewasa maupun yang masih bayi. Bahkan tidak hanya manusia, hewan pun juga dapt terinfeksi penyakit ini karena penyebaran penyakit ini melalui gigitan nyamuk anopheles. Ketika nyamuk anopheles menggigit parasit protozoa plasmodium akan berpindah ke jaringan darah yang digigit dan akan berkembangbiak disana.

Jenis Jenis Penyakit Malaria dan parasit plasmodium penyebabnya.

Ada beberapa jenis penyakit malaria yang biasa diderita oleh manusia diantaranya :

  • Malaria Tersiana.

Penyakit malaria tersiana biasanya disebabkan oleh parasit plasmodium vivax.

  • Malaria quartana.

Penyakit malaria quartana adalah salah satu dari jenis penyakit malaria dan penyakit ini disebabkan oleh parasit plasmodium malariae

  • Malaria Ovale.

Penyakit malaria ovale juga termasuk jenis malaria, dan disebabkan oleh parasit plasmodium ovale

  • Malaria tropika.

Penyakit Malaria tropika juga disebabkan oleh parasit plasmodium dan parasit plasmodium penyebabnya adalah plesmodium Falciparum.

Gejala Pada Penyakit Malaria

  1. Kadar gula dalam darah menjadi semakin rendah.
  2. Mulai terlihat dan nampak bintik-bintik merah yang terdapat pada permukaan kulit.
  3. Apabila sejumlah parasit bersifat menetap , maka akan menyebabkan terjadinya penurunan terhadap nafsu makan, tubuh menjadi terasa lemah dan demam, serta merasakan pahit pada lidah ketika makan.
  4. Demam dan menggigil yang disertai sakit kepala, sakit pada bagian otot, terasa mual dan muntah. Sehingga untuk gejala- gejala ini akan timbul secara bervariasi sesuai dengan daya tahan tubuh pada penderita.
  5. Jumlah monosit dan limfosit menjadi meningkat. Apabila tidak segera diobati, maka akan berakibat terhadap pembesaran hati dan limpa.

Pencegahan

Untuk pencegahan agar tdak tertular oleh penyakit malaria ini adalah dengan menghindarkan diri dari gigitan nyamuk anopheles serta memutus siklus perkembangbiakan nyamuk ini. Cara yang paling mudah adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan, seperti menyingkirkan  tempat-tempat genangan air, dan membersihkan daerah yang dapat dijadikan nyamuk untuk berkembangbiak. Selain itu penggunaan obat anti nyamuk juga dapat membantu mencegah terinfeksi penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Pengobatan

Pengobatan pada Penyakit Malaria ini yaitu dengan cara memberikan obat chloroguin. Dan pada saat perawatan, penderita penyakit ini akan diberikan sari buah yang sungguh segar, diberikan cukup bahkan banyak cairan dan juga pola makanan yang seimbang.

Demikian sedikit penjelasan mengenai penyakit Malaria dan gejala yang ditimbulkannya. Semoga dari yang sedikit ini dapat memberikan pemahaman akan bahaya penyakit malaria ini dan menjadikan kita untuk lebih serius dalam menjaga kebersihan lingkungan tempat kita tinggal.

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: