Penyakit Sinusitis dan penyebabnya

| March 1, 2014 | 0 Comments

sinusitisSinusitis

Sinusitis adalah Peradangan pada sinus, yaitu rongga-rongga dalam tulang yang berhubungan dengan rongga hidung, yang gawat dan biasanya terjadi dalam waktu yang menahun ( kronis). Ada 4 sinus dalam tubuh manusia dan gangguan ini dapet terjadi di salah satu dari keempat sinus yang ada. Keempat sinur tersebut adalah maksilaris, etmoidalis, frontalis, dan sfenoidalis.

Penyakit sinusitis dapat bersifat akut denga rentan waktu 3 minggu atau kurang dan juga dapat bersifat akut manakala terjadi 3 – 8 minggu, tetapi dapat berlanjut sampai berbulan-bulan, bahkan menahun. Penyakit Sinusitis dapat disebabkan oleh infeksi virus pada saluran pernafasan bagian atas. Selain itu juga dapat disebabkan oleh gangguan bakteri, infeksi jamur, dan peradangan menahun pada saluran hidung. Serta penyakit sinusitis dapat disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang kurang. Penyakit sinusitis akut lebih sering ditemui pada penderita yang mengalami ganguan sistem kekebalan dan penderita kelainan sekresi lendir (seperti fibrosis klasik). Untu penyebab penyakit sinusitis kronis adalah asma, penyakit alergi, ganguan sistem kekebaln, kelainan sekresi, atau pembuanggan lendir.

Dampak yang ditimbulkan oleh penyakit sinusitis sangat bervariasi, mulai dari yang ringan sampai yang berat. Seberapapun ringan dampak yang ditimbulkan oleh penyakit ini, tetapsaja dapat mengurangi kualitas hidup penderitanya.  Maka dari itu marilah kita tinggaktkan kualitas hidup kita dengan menerapkan pola hidup sehat, serta meminimalkan hal-hal yang dapat menyebabkan berbagai gangguan pad kesehatan, khususnya penyebab penyakit sinusitis.

Demikian sedikit pennjelasan mengenai penyakit sinusitis, semoga dengan yang sedikit ini dapt memberikan manfaat bagi pembaca semua.

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: