Penyakit Usus Buntu dan Beberapa Gejala yang Ditimbulkannya

| February 11, 2014 | 0 Comments

apendicitisUsus Buntu / Appendicitis

Usus Buntu adalah salah satu penyakit yang menyerang manusia  khusus dibagian usus. Penyakit Usus Buntu atau dengan nama lain Appndicitis adalah kondisi dimana Appendix dalam usus mengalami pembengkakan dan terisi dengan nanah. Apendix merupakan sebuah kantong dalam usus besar berbentuk jari yang menonjol keluar, letaknya dibagian bawah sebelah kanan perut.Penyakit ini termasuk penyakit yang serius karena peningkatan rasa sakitnya sangat cepat dan akan menjadi sangat parah. Untuk mengatasinya biasanay para dokter melakukan operasi pembedahan untuk mengeluarkan nanah yang ada dalam appendix.

Penyebab Penyakit Usus buntu atau Appendicitis

Penyakit Appendicitis dapat menerang semua kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa, laki-laki maupun permpuan. Tetapi paling sering penyakit Appendicitis menyerang mereka yang berusia 10 sampai 30 tahun. Ada beberapa penyebab seseorang terserang Penyakit ini, diantaranya:

  1. Penyumbatan. Sisa makanan atau kotoran yang mengeras dapat terjebak di dalam lubang pada rongga perut yang mengisi appendix anda
  2. Infeksi. Appendicitis dapat juga dikarenakan infeksi, seperti infeksi virus gastrointestinal, atau mungkin karena jenis pembengkakan lainnya.

Kedua penebab diatas sangat lah serius, ketika sesorang mengalaminya bakteri akan sangat cepat menyerang sehingga menyebabkan Appendix meradang dan terisi oleh nanah. Apabila tidak segera diatasi appendix dapat pecah.

Gejala yang ditimbulkan apabila seseorang terserang penyakit usus buntu atau Appendicitis

Berikut gejala yang perlu diwaspadai seperti diberitakan Times of India:

  • Nyeri perut

Untuk memeriksa apakah Anda mungkin menderita serangan usus buntu, lakukan beberapa tekanan pada perut kanan bawah dan melepaskannya. Jika Anda mengalami rasa sakit, maka ini merupakan gejala usus buntu yang pecah.

  • Demam

Appendicitis biasanya disertai dengan demam ringan bersama dengan sakit perut. Jika kondisinya makin memburuk, demam akan semakin tinggi.

  • Nyeri pusar

Tanda awal Appendicitis adalah nyeri atau ketidaknyamanan di daerah pusar perut. Nyeri ini kemudian secara bertahap bergerak ke perut bagian bawah.

  • Sakit yang menyiksa

Awalnya kebanyakan penderita masalah ususu buntu meremehkan rasa sakit yang terjadi di bagian perut. Tapi, jika secara bertahap menjadi sangat berat dan menyiksa, bisa jadi Anda menderita masalah di bagian usus buntu. Hal ini bisa terjadi dalam beberapa jam. Rasa sakit sangat intens dan akan menyulitkan seseorang melakukan aktivitas normal.

  • Mual dan muntah

Gejala lain dari pecahnya usus buntu adalah mual diikuti dengan muntah-muntah. Jika kondisi mual dan muntah terjadi terus selama lebih dari 12 jam, Anda harus segera mengunjungi dokter.

  • Diare

Dalam banyak kasus, sakit perut karena masalah usus buntu sering diikuti dengan diare ringan dan dalam beberapa kasus  BAB sering keluar dibarengi lendir. Kunjungi dokter segera untuk mengobati kondisi ini .

  • Kembung dan gas

Kembung dan gas mungkin tidak tampak seperti gejala berat tetapi ketika mereka disertai dengan sakit luar biasa di perut bagian bawah, konsultasikan dengan dokter Anda segera.

Demikian sedikit penjelasan mengenai penyakit usus buntu dan gejalanya. semoga dengan yang sedikit ini dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi pembaca semua. Dan mari kita jaga kesehatan yang telah diberikan Alloh SWT kepada kita dengan sebaik-baiknya.

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: