Penyebab kram otot kaki dan cara mengatasinya dengan cepat

| April 4, 2017 | 0 Comments

Kram kaki merupakan suatu kontraksi atau menegangnya otot dengan kuat dan secara tiba-tiba pada kaki. Kram bisa berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa menit dan sering kali terjadi pada kaki bagian betis, telapak dan jari-jari.

Penyebab Kram Kaki :

  • Kekurangan mineral seperti kalium, kalsium, dan magnesium dapat mengundang kaki kram.
  • Tekanan terhadap saraf pada tulang belakang bisa membuat kaki terasa nyeri kram yang bisa memburuk bila semakin lama Anda berjalan. Berjalan dengan posisi sedikit membungkuk ke depan biasanya dapat meringankan nyeri.
  • Suplai darah yang tidak memadai. Penyempitan arteri yang mengalirkan darah ke kaki Anda dapat menimbulkan nyeri, misalnya kram di kaki saat Anda sedang berolahraga. Kram ini biasanya hilang secepatnya setelah Anda berhenti berolahraga.
  • Dehidrasi sehingga tubuh kehilangan banyak cairan.
  • Cedera atau menggunakan otot secara berlebihan. Terlalu lama duduk, berdiri lama di atas permukaan yang keras, atau meletakkan kaki pada posisi yang tidak nyaman selama tidur juga dapat membuat otot kaki menegang atau kram.
  • Terpapar suhu dingin, khususnya air dingin. Biasanya terjadi setelah mandi dengan air dingin atau kehujanan.

KOMPAS.com – Kram kaki mungkin pernah dialami oleh hampir setiap orang. Meskipun tidak semua kram kaki menandakan kondisi medis yang serius, namun kondisi tersebut bisa saja mengganggu aktivitas.

Berikut adalah tiga cara untuk meringankan kram otot sehingga tidak sampai mengganggu aktivitas saat mengalaminya.

1. Berjalan di lantai yang dingin.

Menurut Michael Peterson, peneliti dari departemen perilaku kesehatan dan nutrisi dari University of Delaware, sensasi dingin akan menghentikan jalur nyeri pada otot dan mengurangi kejang pada paha, betis, ataupun kaki. Selain berjalan di lantai dingin, alternatifnya Anda juga dapat menggunakan es batu yang ditempelkan pada bagian yang kram.

2. Minum jus acar.

Cara ini aneh, namun efektif. Sebuah studi yang dipublikasi dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise menemukan, minum jus acar akan menyembuhkan kram otot dalam hitungan detik. Para peneliti menganalisa, komposisi dari jus meningkatkan reaksi neurologi yang membantu meringankan ketegangan pada otot.

3. Konsumsi elektrolit.

Peterson mengatakan, kurangnya kadar kalium, kalsium, magnesium, dan potasium seringkali menyebabkan kram otot. Karena itu mengonsumsi makanan yang kaya akan elektrolit seperti air kelapa atau pisang dapat membantu mengatasi masalah ini dalam 10 menit. Setelahnya, Anda bisa melakukan peregangan untuk meringankan gejalanya.

Untuk mencegah kram aki datang lagi, cobalah untuk rutin melakukan pemijatan pada bagian kaki yang sering kram, melakukan pemanasan sebelum berolahraga, dan cukupilah kebutuhan air putih dan mineral seperti kalsium, magnesium, dan lainnya. Selain itu, pakailah alas kaki yang layak dan nyaman untuk otot kaki.

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: