RAMUAN TRADISIONAL PASCA MELAHIRKAN

| June 5, 2013 | 0 Comments

Operasi ceasar merupakan sebuah persalinan yang dilakukan dengan membelah salah satu bagian perut ibu. Mengapa harus Operasi ceasar??  karena ada hal-hal tertentu yang berbahaya untuk dilahirkan secara normal, misal janin sungsang, darah tinggi, karena ada tumor dijalan lahir, dll, dengan hal tersebut tidak bisa melahirkan dengan normal, maka salah satu pilihannya adalah dengan operasi ceasar.

Sebagian para ibu memilih untuk melakukan proses persalinan  secara normal. Akan tetapi, pada beberapa kondisi tertentu dokter akan menyarankan sebagian ibu untuk melakukan proses persalinan secara Caesar. Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dari proses persalinan secara Caesar. Beberapa hari setelah proses persalinan secara caesar, seorang ibu akan merasakan saat-saat sulit untuk melakukan aktifitas. Terlepas dari beberapa kekurangan dan kelebihan dari proses persalinan secara Caesar, perawatan setelah caesar adalah hal terpenting yang perlu diperhatikan.kapsul kutuk

Proses pemulihan setelah Caesar lebih lambat dari pada proses pemulihan setelah persalinan normal. Terdapat beberapa pantangan yang harus dihindari para ibu setelah melakukan proses persalinan secara Caesar. Berikut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan para ibu setelah melakukan proses persalinan Caesar.

Hal pertama yang perlu dilakukan para ibu setelah menjalankan proses kelahiran Caesar adalah memperbanyak istirahat. Setelah menjalani operasi Caesar, tubuh ibu akan lebih lemah dibanding biasanya. Oleh sebab itu, ibu yang menjalankan proses persalinan Caesar harus banyak istirahat agar proses pemulihan dari operasi Caesar tersebut cepat selesai. Dalam hal ini, seorang ibu perlu untuk meminta bantuan anggota keluarga atau baby sitter untuk mengurus keperluan bayinya dan juga keperluan ibu sendiri. Selain itu, seorang suami juga harus memberikan dukungan bagi si ibu.

Selain memperbanyak istirahat, seorang ibu yang melahirkan secara Caesar sebaiknya tidak mengangkat beban berat dan membungkuk secara berlebihan selama 6 minggu setelah proses persalinan caesar. Hal ini sangat penting karena ini akan berpengaruh pada proses pemulihan pada otot-otot perut anda. Agar otot-otot perut tidak tegang, sebaiknya anda menggulingkan badan kearah kanan sambil menarik lutut anda kearah dada ketika akan bangun.

Setelah menjalankan proses persalinan secara Caesar, anda juga perlu membiasakan untuk tertawa. Mungkin anda akan merasakan ketidaknyamanan dan rasa nyeri ketika anda tertawa. Oleh sebab itu, sebaiknya anda menggunakan bantal lembut pada perut selama beberapa hari. Setelah itu, anda perlu untuk mencoba tertawa, batuk, dan menyusui.

Sebagian  ibu yang melakukan proses persalinan  secara Caesar biasanya akan mengalami sembelit. Untuk menghindari sembelit, sebaiknya anda memperbanyak untuk mengkonsumsi air putih dan makanan berserat tinggi. Anda perlu menghindari minuman bersoda dan makanan yang menyebabkan terjadinya penumpukan gas dalam perut.

Persalinan secara Caesar akan menyisakan bekas luka di perut. Bekas luka tersebut akan terasa gatal. Untuk memulihkan bekas luka akibat kelahiran Caesar dan mengurangi rasa gatal, sebaiknya anda menggunakan minyak atau krim. Anda bisa memijat area bekas luka tersebut dengan menggunakan krim atau minyak. Sebaiknya anda melakukan pemijatan tersebut dengan lembut dan secara rutin agar bekas jahitan tersebut cepat sembuh dan bekas luka tersebut akan cepat pudar.

Setelah menjalankan proses kelahiran Caesar, para ibu akan menglami kelelahan yang dapat menyebabkan emosi cepat naik. Oleh sebab itu, anda perlu melakukan beberapa hal yang menyenangkan untuk meredakan emosi anda. Jalan-jalan pagi adalah salah satu yang terpenting yang bisa anda lakukan setelah menjalankan proses kelahiran secara Caesar. Hal ini bertujuan untuk memperlancar sirkulasi darah anda. Selain itu, jalan-jalan pagi dapat meperkuat oto-otot anda. Selain jalan-jalan pagi, sebaiknya anda juga sering berlatih untuk mengambil posisi tegak pada saat anda berdiri dan duduk. Hal ini bertujuan untuk melatih otot-otot dan juga melindungi punggung anda.

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya

Leave a Reply

%d bloggers like this: