Nyeri Haid dan cara mengatasinya secara cepat dan efektif

| January 24, 2017 | 0 Comments

Menstruasi atau haid pada wanita adalah hal yang wajar dan terjadi setiap bulan. Terkadang datangnya dengan keadaan yang nyaman dan tidak terasa sakit, namun ada kalanya datang dengan rasa nyeri yang luarbiasa. Ketika nyeri saat haid, kita sebenarnya bisa meredakannya dengan cepat. Ada 5 hal yang bisa kita lakukan untuk meredakan nyeri haid dengan cepat dan alami, berikut lebih lengkapnya.

KOMPAS.com – Sebagai wanita, kita semua tahu bahwa datangnya periode bulanan tak selalu menyenangkan. Kram, nyeri, perut seperti berdenyut dan suasana hati tidak stabil seakan berlomba bermunculan.

Menurut Mayo Clinic, rahim berkontraksi untuk membantu mengeluarakn lapisan dinding rahim yang luruh selama periode haid berlangsung.

Hormon prostaglandin, yang terlibat dalam rasa sakit dan peradangan, adalah yang memicu kontraksi otot rahim itu. Kontraksi inilah yang menyebabkan sakit dan kram menstruasi.

Beberapa wanita bahkan mengalami kram yang amat sangat, sehingga tidak mampu melakukan aktivitas sehari-hari dengan normal.

Untunglah, ada cara-cara sederhana untuk mengatasi nyeri dan kram itu. Berikut adalah enam tindakan praktis pereda kram yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Olahraga

Ini mungkin terdengar sedikit gila. Ketika hampir tidak bisa bergerak, Anda diminta berolahraga. Namun, berjalan kaki atau jenis aktivitas fisik lainnya, benar-benar dapat membantu meringankan sakit perut Anda.

Ketika beraktivitas fisik, tubuh Anda memompa lebih banyak darah. Ini membantu melepaskan hormon endorfin untuk melawan efek prostaglandin sehingga nyeri kram Anda berkurang.

2. Kompres hangat

Hangat membantu mengendurkan kontraksj otot-otot rahim Anda. Ada banyak jenis kompres panas yang bisa Anda beli di apotik tapi yang paling sederhana adalah Anda membuatnya sendiri di rumah. Celupkan kain bersih ke dalam air hangat lalu terapkan ke perut Anda.

3. Minum teh chamomile

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Chemistry menemukan, bahwa mungkin ada sifat penghilang rasa sakit di dalam teh chamomile.

Menurut Elaine Holmes, Ph.D., seorang ahli kimia di Imperial College London, penelitian menemukan bahwa ketika 14 peserta diberi teh chamomile, di dalam urin mereka ditemukan peningkatan hippurate yang signifikan.

Hippurate merupakan senyawa anti-inflamasi alami yang mampu menurunkan produksi prostaglandin, sehingga mengurangi kram menstruasi.

4. Pastikan Anda mendapatkan cukup vitamin D

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Itu sebabnya mengapa memastikan tubuh Anda cukup vitamin D penting dalam mencegah kram menstruasi.

Sebuah studi menemukan, bahwa dosis tinggi vitamin D3 dapat meredakan kram menstruasi. Dalam studi itu, 40 wanita Italia dibagi menjadi dua kelompok: satu menerima dosis oral tunggal 300.000 IU vitamin D3 dan lainnya mendapatkan plasebo selaa lima hari sebelum periode menstruasi.

Pada kelompok pertama, rasa sakit mereka turun sebanyak 41 persen, sedangkan pada kelompok plasebo tidak ada perubahan dalam skala rasa sakit mereka.

5. Akupunktur

Akupunktur adalah jenis pengobatan Cina tradisional, yang melibatkan pemasangan jarum kecil untuk merangsang tubuh pada titik-titik tertentu.

Para peneliti dari Rumah Sakit Oriental di Kyung Hee University Medical Center di Korea Selatan menemukan, bahwa akupunktur memiliki efek positif mengurangi kram menstruasi. Penelitian ini didasarkan pada 10 percobaan dengan 944 peserta.

Demikian tadi 5 cara meredakan nyeri haid dengan cepat dan alami, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

6. Ramuan Herbal
Untuk mengatasi berbagai keluhan saat haid kami sarankan untuk mengkonsumsi ramuan obat herbal VEGIVIT dari Herbal Indo Utama yang diramu khusus untuk anda wanita yang mengalami masalah saat haid.

Info Detail Produk:

Nama Produk : VEGIVIT

Produsen : Herbal Indo Utama

Sertifikat : POM TR 143376001

Isi : 60 Kapsul

Harga : P.Jawa Rp 50.000,- L.Jawa Rp 55.000,-

Deskripsi ;

Herbal VEGIVIT adalah ramuan obat herbal dari Herbal Indo Utama yang diramu dengan menggunakanbahan herbal alami berkhasiat dan diperuntukkan khusus bagi wanita yang mengalami masalah saat haid.

Kandungan dalam VEGIVIT :

  • Herbal VEGIVIT HIU mengandung bahan herbal alami yang khusus untuk mengatasi maslah yang muncul saat haid yaitu punica granatum pericarpium extract.

Herbal VEGIVIT insyaalloh berkhasiat :

  1. Melancarkan haid atau datang bulan
  2. Mengatasi haid yang tidak teratur
  3. Meredakan nyeri haid
  4. Menambah stamina ketika sedang haid
  5. Mengurangi bau tidak sedap ketika sedang haid
  6. Mengatasi keputihan
  7. Mengurangi lendir berlebih

Cara Pesan :

Call / SMS / WA HP : 085712295169 / PIN BB : D2C4112C

Ketik : Pesan # VEGIVIT HIU # Jumlah # Nama # Alamat Lengkap

Tags:

Category: Herbal Indo Utama

Leave a Reply

%d bloggers like this: