Tanaman Obat Cabe Jawa untuk Atasi berbagai Penyakit

| January 8, 2015 | 0 Comments

buah cabe jawaCabai Jawa adalah tanaman asli Indonesia dengan nama latin Piper retrofractum Vahl dan masuk kedalam kerabat lada dan suku sirih-sirihan. Tumbuhan ini tumbuh di lahan dengan ketinggian 0-600 meter diatas permukaan laut, tanah lempung berpasir dan berdrainase baik. Tumbuhan cabai jawa sendiri memilii ciri seperti sirih, merambat, Daunnya berbentuk bulat telur sampai lonjong, pangkal daun berbentuk jantung atau membulat, ujung daun runcing dengan bintik-bintik kelenjar. buahnya majemuk bulir, bentuknya bulat panjang atau silindris, dan ujungnya mengecil. Buah yang belum tua berwarna kelabu, kemudian menjadi hijau, selanjutnya kuning, merah, serta lunak. Rasanya pedas dan tajam aromatis.

Bagian yang sering digunakan dari tumbuhan cabai jawa adalam Buah yang sudah tua tetapi belum masak, akar, dan daun, dikeringkan.Cabai Jawa telah terkenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ada banyak masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan menggunakan Cabai Jawa ini, diantaranya adalah berikut ini.

Penyakit Yang dapat diatasi dengan cabai jawa :

  1. kejang perut, tumbuhan cabe jawa
  2. muntah-muntah,
  3. perut kembung,
  4. mulas,
  5. disentri,
  6. diare,
  7. sakit kepala,
  8. sakit gigi,
  9. batuk,
  10. demam,
  11. hidung berlendir,
  12. lemah syahwat,
  13. sukar melahirkan,
  14. membersihkan rahim,
  15. neurastenia,
  16. tekanan darah rendah.
  17. badan terasa lemah,
  18. stroke,
  19. rematik,
  20. gout, dan
  21. nyeri pinggang.

Contoh penggunaan cabe jawa dalam mengatasi penyakit :

  • Masuk Angin :

Cabe jawa 3 butir, daun poko (Mentha arvensis L.) dan daun kesumba keling (Bixa orellana L.), masing-masing 3/4 genggam, gula enau 3 jari. Bahan-bahan tersebut dicuci lalu dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin saring, lalu minum 3 kali sehari @ 3/4 gelas.

  • Membersihkan rahim setelah melahirkan, obat kuat:

Akar kering cabe jawa sebanyak 3 g digiling halus. Seduh dengan air panas, hangat-hangat diminum sekaligus.

  • Pencernaan terganggu, batuk :

Buah cabe jawa kering sebanyak 5 g ditumbuk halus. Tambahkan madu secukupnya sambil diaduk merata, lalu diminum sekaligus.

  • Sakit gigi :

Daun cabe jawa yang segar sebanyak 3 lembar dicuci lalu ditumbuk. Seduh dengan 1/2 gelas air panas. Selagi hangat disaring, airnya dipakai untuk kumur-kumur.

Akar lekat dikunyah beberapa saat, lalu dibuang.

  • Kejang perut :

Daun cabe jawa segar sebanyak 3 lembar dicuci lalu ditumbuk. Seduh dengan 1 gelas air panas. Selagi hangat disaring Ialu diminum sekaligus

  • Urus-urus untuk penderita penyakit hati :

Cabe Jawa 3 butir dan rimpang lempuyang seukuran ibu jari ditumbuk. Tambahkan 1 sendok makan air matang sambil diaduk rata, lalu peras dan saring. Airnya diminum sekaligus.

  • Demam :

Buah yang kering sebanyak 3 g digiling halus, lalu diseduh dengan 1/2 gelas air panas. Kemudian minumlah bersama ampasnya selagi hangat.

CATATAN : Penderita panas dalam dan perempuan hamil dilarang minum ramuan tumbuhan ini. Oke, itu dia sekilas mengenai manfaat cabe jawa bagi kesehatan,

Bagi anda yang sulit menemukan tumbuhan cabai jawa segar jangan khawatir karena sekarang teah ada obat herbal yang diramu khusus dengan cabai jawa asli dan dikemas dalam bentuk kapsul. sehingga akan lebih mudah untuk mendapatkan manfaatnya. Yaitu Cabai Jawa dari Herbal Indo Utama.

cabe jawa hiuInfo detail Produk :

Nama Produk : Cabe Jawa

Isi : 6 Kapsul

BPOM TR 133 372 151

Produsen : Herbal Indo Utama,

Harga : P.Jawa Rp 45.000,- L.jawa Rp 50.000,-

Untuk Pesan :

SMS / Call / WA HP : 085 -712 -295- 169 PIN BB : D2C4112C

Tags:

Category: Herbal Indo Utama

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: