Daun Jambu Biji dan Khasiatnya untuk Kesehatan dan Kulit

| December 20, 2013 | 0 Comments

daun jambuJambu biji merupakan satu jenis tanaman yang memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh manusia. Tanaman ini adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu biji memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu biji dikenal mengandung banyak vitamin C. Di indonesia jambu biji dan daunnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan  tubuh manusia seperti mengobati diare, disentri, dll. Selain itu juga bisa untuk perawatan kecantikan kulit wajah

Dibawah ini beberapa manfaat daun jambu biji :

Mengobati diare dan disentri

Manfaat daun jambu biji dapat mengatasi penyakit disentri dan diare. Hal ini sudah diketahui banyak orang. Jika anda adalah salah satu orang yang belum mengetahuinya, dibawah ini kami jelaskan cara mengolah dan jambu untuk mengobati penyakit disentri dan diare tersebut.

Bahan: Bahan yang perlu anda siapkan hanya 2-3 lembar daun jambu biji yang masih muda dan garam secukupnya.

Cara Pembuatan: Jika sudah siap, bersihkan terlebih dahulu daun jambu biji agar bersih higienis. Setelah itu kunyahlah daun jambu biji, garam yang sudah disiapkan bisa juga kunyah bersamaan dengan daun jambu biji agar rasa pahit sedikit hilang saat mengunyah daun jambu biji. Selain cara tersebut, anda juga bisa mengolah daun jambu biji untuk dijadikan teh, yakni dengan menyeduh daun jambu biji pada air panas dengan ditambahkan sedikit madu agar lebih manis.

Mengobati Luka Memar

Pernah dilakukan penelitian di Universitas Federal Technology Nigeria bahwa kandungan steroid pada daun jambu biji bermanfaat untuk mengatasi luka memar pada tubuh seperti luka sayat, lecet dan benturan sekalipun. Kandungan steroid sendiri berperan untuk mencegah peradangan dan mempercepat penyembuhan luka pada tubuh. Manfaat ini bisa anda peroleh dengan mengoleskan daun jambu biji yang sudah dihaluskan pada bagian kulit tubuh anda yang luka aau memar.

Diabetes Mellitus

Daun jambu biji juga bermanfaat untuk mengatasi diabetes mellitus. Hal ini juga dibenarkan oleh penelitian Yakult Central Institute yang diterbitkan pada tahun 2010 dengan judul “Nutrisi dan Metabolisme”. Untuk mendapatkan manfaat ini, anda bisa menggunakan cara dengan mengolah daun jambu biji untuk dijadikan teh seperti cara pada manfaat no 1. Lakukanlah hal ini secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Perawatan Kecantikan

Seperti telah dijelaskan diawal kalau manfaat daun jambu bij juga terdapat pada perawatan kecantikan seperti mengatasi jerawat, mengatasi komedo, wajah berminyak dan mencerahkan wajah. Hal ini dikarenakan kandungan daun jambu biji memiliki efek natural yang mampu membersihkan wajah sehingga anda mampu terlihat cantik alami.  Dibawah ini kami berikan beberapa tips dalam memanfaatkan daun jambu biji untuk perawatan kecantikan:

Mengatasi komedo

Manfaat daun jambu biji juga mampu membersihkan komedo yang terdapat pada wajah anda. Anda hanya perlu menyiapkan daun jambu biji muda dan air. Setelah itu blender daun jambu biji tersebut bersama dengan airnya. Jika sudah selesai, oleskan/basuhkan scrub daun jambu biji pada wajah anda.

Mengatasi jerawat

Untuk mendapatkan manfaat daun jambu biji dalam mengatasi jerawat, anda hanya perlu mempersiapkan daun jambu biji yang masih muda serta air secukupnya. Jika sudah siap, cuci bersih daun jambu biji sambil diremas-remas sampai mengeluarkan busa. Setelah itu, oleskan busanya pada bagian wajah anda yang berjerawat. Kemudian tunggulah sebentar dan cuci bersih wajah anda. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna.

Demikian Beberapa khasiat dari daun jambu biji untuk kesehatan, semoga dari yang sedikit ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan untuk kita semua.

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: