Khasiat Daun Kelor

| December 10, 2012 | 0 Comments

Tidak asing lagi pastinya dengan daun kelor, nah daun kelor ini merupakan tanaman yang potensial untuk mengatasi gizi buruk, meningkatkan ketahanan pangan, mendorong pembangunan perdesaan, dan mendukung pengelolaan tanah yang berkelanjutan.

Pertama kali membaca atau mendengar daun kelor mungkin sebagian anda ada yang langsung berfikir tentang hal-hal yang berbau mistis. Memang, daun kelor sering dijadikan bahan atau pelengkap ritual-ritual gaib oleh para pelakunya. Namun, tim Aneka Khasiat tidak akan membahas tentang ritual-ritual menggunakan daun kelor tersebut, melainkan akan menjelaskan khasiat daun kelor khususnya untuk penyakit diabetes.

Daun kelor terbukti menyembuhkan penyakit diabetes ini telah dibuktikan oleh Jaiswal Dolly, seorang peneliti  dari Departemen Kimia Universitas Allahabad, India, ini menunjukkan bukti bahwa kandungan yang terdapat pada daun kelor lebih manjur menurunkan kadar gula dara dibandingkan dengan Glipizide. Glipizide sendiri adalah obat yang biasa dianjurkan para dokter untuk mengobati kencing manis.

Khasiat Daun Kelor yang Serbaguna

Sebetulnya sangat banyak khasiat lain dari daun kelor dalam dunia pengobatan. Selain diabetes, daun kelor ini ternyata bisa juga menjadi obat untuk beberapa penyakit, seperti memperbaiki fungsi hati yang berhubungan dengan pencernaan dan detoksifikasi, hepatitis, hiperlipidemia alias kolesterol tinggi, dan jantung.

Sangat hebatnya Allah SWT menciptakan daun kelor disertai dengan fungsi yang sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia. Daun yang berasal dari pohon stik drum itu mengandung senyawa aktif dan gizi yang lengkap. Beberapa senyawa aktif dalam daun kelor adalah arginin, leusin, dan metionin.tubuh memang memproduksi arginin, tetapi sangat terbatas. Oleh karena itu perlu asupan dari luar seperti kelor. Kandungan arginin pada daun kelor segar mencapai 406,6 mg; sedangkan pada daun kering 1.325 mg. Menurut Dr Mien Karmini, arginin meningkatkan kekebalan tubuh, juga mempercepat proses penyembuhan luka, meningkatkan kemampuan melawan kanker, dan memperlambat pertumbuhan tumor. Sementara metionin yang kadarnya mencapai 117 mg pada daun segar dan 350 mg (kering) mampu menyerap lemak dan kolesterol. Oleh karena itu, metionin menjadi kunci kesehatan hati yang banyak berhubungan dengan lemak.  Tubuh juga memerlukan leusin karena tak mampu memproduksi sendiri. Daun kelor segar mengandung 429 mg leusin berperan dalam pembentuka protein otot dan fungsi sel normal.

Cara Meramu Daun Kelor

Untuk menjadikannya sebagai obat, tentunya anda tidak bisa mengonsumsinya mentah-mentah (keculi memang anda suka). Agar lebih bersih dari kuman, sebaiknya daun kelor direbus sampai mendidih, diamkan sejenak, lalu rebus lagi hingga 15 menit. Lalu, akankah kandungan zat bermanfaatnya akan hilang setelah direbus? Tidak, asalkan saat merebusnya menggunakan wadah berbahan tanah liat atau kaca yang tahan panas.

Semoga bagi anda atau kerabat anda yang punya penyakit diabetes, artikel ini bisa bermanfaat dan bisa dipraktekkan dalam ikhtiar penyembuhan penyakit tersebut. – Khasiat Daun Kelor Mengobati Diabetes

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: