Khasiat Kedelai Bagi Kesehatan

| December 2, 2012 | 0 Comments

Kedelai merupakan tanaman yang dibudidayakan diladang. Dibalik bentuk yang kecil mungil dan lonjong ramai jika berjumlah banyak ternyata menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Kedelai bisa dibikin apa saja yang kita suka. Dengan kekreatifan, kedelai bisa dibikin tempe, tahu, susu kedelai dan lain sebagainya. Untuk mengetahui lebih lanjut khasiat kedelai bagi kesehatan tubuh kita, baca artikel ini sampai dengan selesai. Jangan lewatkan.

Susu kedelai memiliki manfaat lain yaitu untuk mengatasi keluhan menopause pada wanita. Wanita Jepang gemar sekali makan produk olahan kedelai seperti susu kedelai, makanya usia menopause tinggi dan jarang mengalami keluhan pasca-menopause.

Selain dibuat tempe, kedelai juga banyak diolah menjadi susu atau yang lebih dikenal susu kedelai. Pembuatan susu kedelai telah berkembang di negara Cina pada abad ke-2 sebelum masehi. Dari negeri tirai bambu itu berkembang ke Jepang dan ke negara-negara Asia Tenggara setelahPerang Dunia II.

Ahli gizi Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH), Nita Chairani, M Kes mengatakan, susu kedelai memiliki kadar protein dan komposisi asam amino hampir sama dengan susu

sapi. Susu kedelai juga tidak mengandung kolesterol. Kandungan protein dalam susu kedelai dipengaruhi oleh variatas kedelai. Susu kedelai dapat digunakan untuk meningkatan nilai gizi protein pada nasi dan makanan serealia lainnya.

 

Berikut adalah beberapa khasiat herbal kedelai :

Ini merupakan gambar kedelai

Kedelai

 

a.  Diabetes Mellitus :    Ambil segenggam biji kedelai hitam, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tinggal 1 gelas. Saring ambil airnya. Minum 1 x sehari 1 gelas, rutin setiap hari.

 

b.   Sakit Ginjal  : Ambil 3 sdm biji kedelai, rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tinggal 1 gelas. Saring. Minum pagi hari setelah bangun tidur, rutin setiap hari.

 

c.  Reumatik :  Ambil 1 sdm biji kedelai hitam, 1 sendok makan kacang hijau, dan 2 sendok makan kacang tanah, goreng semua bahan dengan sangan jawa, kemudian tumbuk atau giling sampai halus. Makan 2 x sehari 1 sdt, pagi dan sore.

 

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: