Manfaat Buah Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

| December 9, 2013 | 2 Comments

jeruk nipisManfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Jeruk nipis atau limau nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama sama. Tumbuhan ini dimanfaatkan buahnya, yang biasanya bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3-6 cm, memiliki rasa asam dan agak pahit,agak serupa rasanya dengan lemon.Jeruk nipis merupakan salah satu varian buah jeruk yang dimanfaatkan untuk pengobatan dan kecantikan. Jarang sekali atau bahkan tidak ada yang mengkonsumsinya langsung karena rasanya yang sangat asam. Biasanya dicampur dengan madu atau ditambahkan dengan bahan lainnya. Di dalam ekstrak buah jeruk nipis mengandung minyak limonene dan linalool, flavonoid seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Sedangkan jeruk nipis yang sudah matang memiliki kandungan synephrine dan N-methyltyramine, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C. Sebagai ramuan herbal alami, jeruk nipis berkhasiat untuk meredakan batuk, peluruh dahak , peluruh kencing dan keringat, serta membantu proses pencernaan. Bukan hanya untuk kesehatan. Tapi juga untuk kecantikan wajah dan kulit. Orang-orang di zaman dahulu sering menggunakan jeruk nipis untuk kecantikan kulit dan juga untuk kesehatan. Dan di zaman sekarang manfaat tersebut diulas kembali.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Jeruk nipis kini dikategorikan sebagai ramuan herbal alami yang dapat menyembuhkan banyak penyakit. Sehingga ada sebagian orang yang tidak menggunakan obat berbahan kimia apapun, hanya cukup dengan mengkonsumsi jeruk nipis maka penyakitnya pun sembuh. Penyakit yang bisa disembuhkan dengan jeruk yaitu :

  • Mengobati penyakit wasir

Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa penyakit wasir bisa disembuhkan dengan jeruk nipis. Caranya mudah sekali. Anda tinggal mengambil 10 buah akar dari jeruk nipis lalu mencucinya hingga bersih. Rebus akar tersebut dengan air selama 30 menit lamanya. Saring dan minum dalam keadaan hangat tiga kali sehari.

  • Mengobati penyakit amandel

Lain dengan penyakit wasir. Pada penyakit amandel anda hanya butuh tiga buah kulit dari jeruk nipis tersebut. Lalu cuci hingga bersih. Potong kecil-kecil kulit tersebut dan rebus dua gelas air hingga mendidih.Setelah sekitar tiga per empatnya air tersebut disaring dan siap untuk digunakan untuk berkumur dalam keadaan hangat. Tiga sampai empat kali dalam sehari.

  • Mengatasi Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa jadi gejala awal penyakit batuk. Sebelum benar-benar terserang penyakit batuk, cobalah ramuan jeruk nipis untuk mengatasinya. Potong 3 buah jeruk nipis yang sudah masak lalu peras. Seduh sari jeruk nipis dengan air panas. Tambahkan 1 sendok makan madu murni dan aduk rata. Gunakan ramuan ini untuk berkumur selama 2-3 menit saat air dalam keadaan hangat. Ulangi 3 kali sehari.

  • Meredakan Batuk

Anda terserang batuk dan melihat ada buah jeruk nipis di lemrai es? Tenanglah, itu bisa dipakai untuk menyembuhkan batuk anda. Siapkan segelas air hangat. Peras satu buah jeruk nipis dicampur dengan satu sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata dan saring. Minum 2-3 kali sehari untuk meredakan batuk Anda.

Sedang manfaat jeruk nipis bagi kecantikan wajah adalah sebagai berikut :

  • Mengencangkan dan mencerahkan kulit wajah

Kulit wajah yang kencang adalah tanda dari keawetan seseorang. Dengan terlihat cantik dengan kulit kencang, maka perempuan bisa dikategorikan sebagai wanita yang awet muda.

  • Mengatasi timbulnya jerawat

Jerawat biasanya muncul jika pori-pori anda tersumbat oleh kotoran. Anda bisa mengobati jerawat tersebut dengan jeruk nipis. Anda juga bisa menyamarkan noda hitam di wajah dengan masker jeruk nipis.

Jeruk nipis memang sudah sejak dahulu terbukti sangat berkhasiat untuk kesehatan dan tidak akan menimbulkan efek samping apapun. Sehingga sangat aman untuk dikonsumsi dan dijadikan sebagai obat bagi keluarga. Demikian sedikit pembahasan tentan manfaat jeruk nipis, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca semua.

Tags: , ,

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: