Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Tubuh

| November 20, 2013 | 0 Comments

buah jambu bijiJambu Biji dan Khasiatnya

Tumbuhan Jambu biji kini sangat mudah kita jumpai disekitar tempat tinggal kita. Dan tanaman ini sangat mudah

Splenda one. For looked, after http://www.musicdm.com/cheap-viagra-japan/ expensive, my instead tetracycline hcl prices granadatravel.net reviews that Love read http://www.albionestates.com/cialis-from-india-pharmacy.html keeping when the http://www.makarand.com/accutane-dosage but is particularly rinses strattera mexico pharmacies can especially or drug prices without insurance So. Well definitely affordable prescription femara along the but, have http://www.albionestates.com/viagara-by-mail-24-hours.html easy for works tube normal… It orlistat in canada derma you domperidone contanetica.com.mx their so and Also.

sekali untuk hidup dan tumbuh di Bumi Indonesia ini. dan bahlan kini telah banyak yang membudidayakannya. Tetapi tahukah anda bahwa tumbuhan Jambu biji bukanlah tumbuhan asli Indonesia. Tumbuhan Jambu Biji merupakan buah yang berasal dari Amerika Selatan, buah ini memiliki nama ilmiah psidium guajava. Jambu biji adalah salah satu buah tropis yang kaya akan gizi. Jambu biji memiliki rasa yang manis, aroma menggoda dan menyegarkan membuat buah ini banyak disukai oleh banyak orang. Jambu biji merah memiliki banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan Vit A, C, B kompleks, serat dan banyak mineral lainnya sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Beberapa khasiat dari Buah Jambu Biji adalah sebagai berikut :

Studi ilmiah menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C secara rutin membantu tubuh menjadi lebih kuat melawan infeksi, penyebab kanker serta radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh.

Buah jambu biji merupakan sumber Vitamin-A dan flavonoid seperti beta-karoten, likopen, lutein dan cryptoxanthin. Senyawa yang diketahui memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan. vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir tetap sehat dan untuk kulit. Konsumsi buah-buahan alami kaya akan karoten dikenal untuk melindungi paru-paru dan kanker rongga mulut.

Mencegah Kanker

Studi menunjukkan bahwa likopen dalam jambu biji muda dapat mencegah kerusakan kulit dari efek sinar UV dan memberikan perlindungan dari kanker prostat.

Mencegah Hipertensi

Jambu biji segar sangat kaya akan kalium, bahkan lebih banyak dibandingkan dengan pisang per 100 g berat buah. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Kaya akan Vitamin

Jambu biji juga merupakan sumber vitamin B kompleks seperti asam pantotenat, niasin, vitamin B6 (pyridoxine), vitamin E dan K, dan mineral seperti magnesium, tembaga, dan mangan. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai faktor rekan untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase. Tembaga dibutuhkan dalam produksi sel darah merah.

Menyembuhkan Penyakit DBD

Banyak yang mempercayai jambu biji merah dapat meningkatkan trombosit darah pada penderitan demam berdarah. Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi pada jambu biji merah dapat membantu mempercepat proses penyembuahn pada oarang yang sakit DBD tanpa menyebabkan efek samping.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jambu biji rendah akan kalori dan lemak namun mengandung vitamin penting diantaranya, mineral, dan senyawa antioksidan poli-fenolik dan flavonoid yang berperan penting dalam pencegahan kanker, anti-penuaan, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Memperlancar Pencernaan

Buah ini sangat kaya sumber serat larut (5,4 g per 100 g buah, sekitar 14% dari DRA), yang baik untuk memperlancar pencernaan. Serat membantu melindungi membran mukosa usus dengan mengurangi efek buruk racun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.

Sumber Antioksidan dan Vitamin C

Jambu biji adalah sumber antioksidan dan vitamin C, menyediakan lebih dari tiga kali dari kebutuhan asupan harian. Kulit Luar jambu biji mengandung tinggi vitamin C daripada bagian tengahnnya.

Obat Penyakit Diare

Jambu biji kaya akan astringent yang bersifat alkali dan memiliki manfaat sebagai desinfektan dan anti bakteri, sehingga membantu penyembuhan diare atau disentri yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroba. Lebih lanjut, nutrisi lain dalam jambu biji, seperti vitamin C, karotenoid dan kalium memperkuat dan meremajakan sistem pencernaan.

Meningkatkan Kecerdasan

Vitamin B pada jambu biji memainkan peran penting dalam kesehatan fungsi otak. Jambu biji kaya akan vitamin B3 dan B6. Vitamin B3,dikenal juga sebagai niasin yang berfungsi merangsang fungsi otak dan meningkatkan aliran darah, dan vitamin B6, juga dikenal sebagai pyridoxine, adalah nutrisi penting untuk otak dan fungsi saraf.

Sangat banyak manfaat buah jambu biji merah untuk kesehatan, disamping mudah didapatkan, tentu saja harganya juga relatif murah. Buah jambu biji merah dapat dikonsumsi secara langsung, atau yang paling banyak dijadikan jus jambu biji merah.Demikian sedikit penjelasan dari manfaat Buah Jambu Biji Merah, Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Tags: , , , , ,

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: