Manfaat Tanaman Herbal “Talok”

| January 3, 2013 | 0 Comments

Talok…..

Tidak asing lagi kan dengan tanaman ini? Nah, talok merupakan tanaman buah yang banyak dijumpai meski buah talok jarang dikonsumsi. Buah talok yang masak berwarna merah dengan rasa yang manis dan memiliki aroma harum yang begitu khas. Buah talok biasanya begitu digemari anak-anak kecil, namun ada pula sebagian orang menyebut buah talok sebagai makanan burung.1

Buah talok memiliki kandungan gizi unggul. Buah ini kaya kandungan vitamin C terutama pada buah yang telah masak. Vitamin C memiliki banyak sekali manfaat antara lain meningkatkan daya tahan tubuh, membantu metabolisme lemak, mencegah bibir pecah-pacah (scorbut) dan banyak lagi manfaatnya.

Selain itu buah talok juga kaya dengan vitamin A berupa beta-karoten yang memiliki fungsi biologik sebagai antioksidan serta mampu menjaga fungsi penglihatan dan kulit. Kandungan vitamin A yang terbanyak terdapat pada buah talok yang telah ranum. Kandungan mineral penting pada buah talok pun begitu banyak, baik mineral makro maupun mikro. Buah talok juga kaya dengan kandungan flavonoid yang memiliki fungsi sebagai anti oksidan.

Hasil studi laboratorium dan farmakologi menyebutkan bahwa daun, bunga dan buah talok mampu mengatsi beberapa jenis penyakit pada manusia. Tanaman talok mampu mengatasi penyakit kuning (jaundice), atasi kolesterol jahat, atasi sariawan dan radang tenggorokan, sembuhkan batuk berdahak, dan mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Untuk mengatasi penyakit kuning atau hepatitis, kita bisa minum air rebusan bunga talok segar sebanyak 30 gram dengan satu gelas air. Minum air rebusan bunga tersebut 2-3 kali sehari hingga kondisi tubuh kembali normal.

Kadar kolesterol darah yang tinggi menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang, terutama kolesterol jahat LDL (Low Density Lipoprotein). LDL adalah kolesterol berbahaya yang dapat menimbulkan penyumbatan pembuluh darah (artherosclerosis), memicu terjadinya penyakit jantung koroner, hipertensi dan strok. Bagi yang memiliki masalah kolesterol, bisa diatasi dengan merebus 1-2 gengam daun talok segar dengan 3 gelas air. Sisakan air rebusan hingga sebanyak 1 gelas dan minum ramuan tersebut secara teratur 3 kali sehari. Air rebusan dari ramuan daun talok segar tersebut juga bisa turunkan kadar asam urat dalam darah.

Bagi penderita diabetes melitus disarankan jangan berlebihan menkonsumsi buah talok masak, karena kandungan gula pada buah talok masak cukup tinggi. Namun para penderita diabetes melitus juga masih bisa memanfaatkan jenis simplesia talok yang lain, dari daun, bunga dan papagan kayu tanaman talok.

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: