Tanaman Hebal Jeruk Nipis dan Khasiatnya

| January 7, 2013 | 0 Comments

Tanaman herbal jeruk nipis dan khasiatnya. Jeruk nipis ( Cintrun clurantifolia), jeruk nipis termasuk jenis tumbuhan perdu yang banyak memiliki dahan dan ranting. Batang pohonnya berkayu ulet dan keras. Permukaan kulit luarnya berwarna tua dan kusam.

Daun jeruk nipis berbentuk bulat telur dan bertangkai. Bunganya berbentuk bintang, berukuran kecil-kecil dan berwarna putih. Buahnya bulat sebesar bola pingpong, kulit luarnya berwarna hijau atau kekuning-kuningan. Buah jeruk nipis yang sudah tua rasanya asam.

Jeruk nipis memiliki beberapa nama lokal, misalnya ” Lime” (Inggris), “Limau Asam” (Sunda), “Limah” (Aral), “Jeruk nipis” (Indonesia), “Jeruk pecel”  (Jawa).

Buah jeruk nipis banyak mengandung asam sitrun dan vitamin C. Karena rasanya asam, jeruk ini tidak pernah dipakai sebagai pencuci mulut. Melainkan lebih banyak dipakai untuk membuat wedang jeruk, atau air perasan air jeruk nipis ditambah air dan gula lalu tambahkan es, rasanya asam manis segar.

ini merupakan gambar jeruk nipis yang bisa dijadikan sebagi obat herbal

Jeruk Nipis

Cara Menanam Jeruk Nipis :

Pohon jeruk nipis biasanya berubah dalam musim kemarau, pohon jeruk nipis terutama tumbuh subur didaerah dataran rendah yang mempunyai musim kemarau panjang.

Untuk menanam jeruk nipis biasanya dipakai bibit berupa cangkokan atau okulasi. Bibit dari biji kurang disukai karena lama berbuahnya.

Berikut ada beberapa khasiat tanaman herbal jeruk nipis adalah sbb :

  1. Sebagai obat herbal batuk rejan  :  Sebutir jeruk yang sudah tua dibagi 2, lalu diolesi kapur sirih dan digarang diatas api. Lalu diperas dan airnya diminum atau digosok-gosokkan pada tenggorokan dan disekitar leher.
  2. Sebagai obat herbal amandel   :   Ambil 1 buah jeruk nipis, peras ambil airnya, 1 1/2 rimpang kunyit diparut dan diperas untuk diambil airnya, kemudian dioplos dengan 2 sdm madu dengan ditambah 1/2 gelas air, diaduk sampai merata dan saring. Minum 2 hari sekali secara teratur.
  3. Sebagai obat herbal Malaria  :  Satu buah jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian dioplos dengan 1 sdm kecap dan garam secukupnya. Saring. Minum tiap hari menjelang sarapan.
  4. Sebagai obat herbal kurap  :  Peras jeruk nipis dicampur dengan akar tanaman landep yang dilumatkan, kemudian dioles-oleskan pada kulit yang kena kurap.
  5. Penyakit lain yang dapat diobati secara sederhana oleh jeruk nipis adalah ambeien, sesak napas, influenza, sakit panas, sembelit, terlambat haid, perut mulas karena haid, disentri, mual, lelah, bau badan, keriput wajah, mencret, biduren, pegal linu, masuk angin dan puising kepala.
  6. Selain sebagai bumbu masakan dan obat herbal, jeruk nipis juga bisa untuk mencuci barang-barang kuningan yang berkarat.

Sumber  :  Buku tanaman obat

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: