728×90

Tanaman Herbal Asam Jawa dan Khasiatnya

| December 18, 2012 | 0 Comments

Tanaman herbal asam jawa dan khasiatnya. Kamu suka makan rujak? Pasti kamu suka, karena rujak rasanya enak. Apa yang membuat rujak itu enak? Karena dalam bumbunya ada asam, tanpa asam rujak itu akan terasa hambar. Selain dipakai untuk bumbu rujak, asam juga digunakan sebagai bumbu penyedap berbagai masakan, deseduh menjadi wedang asam atau manisan dengan dibubuhi gula. Bahkan dipakai sebagai bahan/ramuan obat tradisional.

Asam jawa (Tamarindus indica) biasanya tumbuh didaerah tropis dan termasuk tumbuhan berpolong. Batang pohonnya yang cukup keras dapat tumbuh menjadi besar dan daunnya rindang.

Daun asam jawa bertangkai panjang, bentuk daunnya lonjong berujung agak bulat dan kecil-kecil. Pada musim kemarau daun asam berguguran dan bertunas kembali pada musim hujan. Pada saat inilah buah asam yang sudah tua dipunguti orang.

Bunga asam berwarna kuning kemerahan dan buah polongnya berwarna coklat dengan rasa khas asam. Buah polong ini terdiri atas daging buah dan biji, bijinya berjumlah 2 – 3 buah yang ketika masih muda buah asam dagingnya putih kehijauan, tapi kalau sudah tua dan matang berubah menjadi coklat kehitaman dan lunak.

Buah asam memiliki beberapa nama lokal, misalnya : ” Tamarind ” (Inggris), ” Tamarimer ” (Perancis), ” Asam jawa” (Indonesia), ” Celangi” atau ” Tangkal asem ” (Sunda), ” Asem” (Jawa).

Cara Menanam Asam Jawa  :

ini merupakan gambar asam jawa yang berkhasiat sebagai obat herbal segala macam penyakit

Asam Jawa

Tumbuhan ini hidup subur mulai dari daerah pantai sampai dataran tinggi. Pohonnya mencapai tinggi puluhan meter.

Untuk menanam pohon asam, bibit yang dipergunakan adalah biji yang sudah tua. Biji itu langsung ditanam dilubang tanaman atau disemaikan daun dan dipindahkan kalau sudah cukup tinggi.

Manfaat Buah Asam Jawa sebagai Obat Tradisional :

Cukup banyak penyakit yang diobati dengan buah asam, mulai buah asam saja sampai yang sudah menjadi jamu. Buah asam ini mengandung senyawa kimia asam apel, asam sitrat, asam tartrat, asam malat dan bebagai vitamin terutama vitamin.

Adapun khasiat tanaman herbal asam jawa adalah sebagai berikut  :

  1. Sebagai obat herbal Asama :  Rebus 2 potong kulit pohon asam jawa dan adas pulowaras secukupnya dengan 1 liter air hingga mendidih, saring. Minum 2 x sehari.
  2. Sebagai obat herbal Batuk kering :  Rebus 3 polong buah asam jawa dan 1/2 genggam daun saga dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan saring. Minum 2 x sehari, pagi dan sore.
  3. Sebagai obat herbal demam :   1 genggam daun asam jawa dan adas pulawaras direbus dengan 1/2 liter air. Saring. Minum secara teratur.
  4. Bisul :  Asam kawak (asam kawak yang sudah diawetkan) dicampur irisan temulawak, gula jawa dan air direbus, disaring, dinginkan dan minum secara teratur.
  5. Selesma atau sariawan :   Asam kawak diseduh dengan air panas dan dibubuhi gula merah serta diminum waktu masih hangat.
  6. Sebagai obat herbal cacar air, eksim, gusi meradang, encok, reumatik, bengkak disengat lipan/lebah, gigitan ular berbisa, rambut rontok, sakit perut, alergi/biduren, dll.

 

Sumber  :  Buku Tanaman Obat

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: