728×90

Tanaman Herbal Buah Nanas dan Khasiatnya

| October 28, 2012 | 0 Comments

Tanaman herbal buah nanas dan khasiatnya.

Nama Latin Ananas comosus

Nama Lokal  :  Nanas

Diskripsi   :  Tanaman herbal nanas adalah tanaman tropika yang dulunya berasal dari Amerika selatan. Untuk tanaman nanas ini sebaiknya ditanam dalam suhu 30 derajat celcius dan dengan taburan hujan sekitar 1250 mm dalam setahun.

Ciri – ciri tanaman herbal nanas adalah sebagai berikut  :

Ini merupakan buah nanas yang kaya akan manfaat

Buah Nanas

  1. Daun   :  Daunnya panjang dan berduri tajam, yang tersusun berbentuk roset mengelilingi buahnya.
  2. Buah  : buah berwarna putih ketika masih muda dan setelah masak berwarna kuning. Sedangkan kulit berwarna hijau ketika muda dan kuning setelah tua.
  3. Mempunyai rasa yang asem ketika masih muda dan manis segar setelah buah masak.

Berikut adalah beberapa khasiat tanaman herbal buah nanas :

  • Sebagai herbal penurun berat badan :   Ambil 1 buah nanas setengah matang, kupas cuci bersih,Ambil setengah saja kemudian diparut atau bisa juga di bikin jus, peras ambil airnya. Peras dengan kain bersih agar menghasilkan air sari nanas yang maximal. Minum sekaligus, lakukan 2 x sehari.
  • Sebagai obat herbal sembelit :   Ambil 3 buah nanas yang belum masak, kupas cuci bersih. Parut atau jus, kemudian peras ambil airnya sebanyak 1 gelas. Minum 2 x sehari setelah makan.
  • Sebagai obat herbal Radang tenggorokan :  Ambil 2 buah nanas masak, kupas, cuci bersih, potong seperlunya, parut atau jus, peras. Minum 3 x sehari masing-masing 1/3 bagian.
  • Sebagai herbal perut kembung atau rasa penuh di perut karena pencernaan terganggu  :  Ambil nanas secukupnya, kupas, cuci bersih, buat jus. Minum sehari 3 x sebanyak 1/2 gelas, minum 1/2 jam sebelum makan.
  • Sebagai obat herbal cacingan :   Ambil 1 buah nanas muda, kupas, cuci, bilas dengan air masak, parut. Peras dan saring. Minumkan pada anak yang cacingan sedikit demi sedikit.
  • Sebagi pemberantas ketombe :  Ambil 1/2 buah nanas yang sudah masak, kupas, parut, peras dan saring, tambahkan perasan air jeruk nipis secukupnya, aduk rata kemudian gosokkan pada kulit kepala yang berketombe sebelum tidur dan keramas keesokan harinya. Lakukan 2 – 3 x dalam seminggu.
  • Sebagai obat herbal radang kulit :  Ambil 1/2 buah nanas masak, kupas, cuci, perut. Kemudian gosokkan pada bagian kulit yang sakit. Lakukan malam menjelag tidur, dan cucilah keesokan harinya.
  • Sebagai hernal luka bakar, gatal dan bisul :  Ambil beberapa helai daun nanas, cuci hingga bersih, tumbuk halus. Kemudian balurkan pada kulit yang sakit.
  • Sebagai herbal keseleo atau Memar :  Ambil 1 buah nanas atang, kupas, cuci, potong seperlunya, buat jus dan minum sekaligus.

 

Dikutip dari berbagai sumber

 

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: