TANAMAN HERBAL ” BUAH SIRSAK BERKHASIAT”

| October 4, 2012 | 0 Comments

Sebagai penduduk Indonesia,  tidak asing lagi dengan buah sirsak kan? Buah sirsak yang memiliki nama ilmiah Annona muricata L. atau dalam bahasa Inggris soursop adalah buah yang kulitnya berwarna hijau dan di dalamnya berwarna putih dan berlendir agak lengket ini memang banyak dijumpai karena rasanya enak dibuat jus dan terbilang murah.

Buah sirsak mengandung protein, kalsium, fosfor, vitamin A , dan vitamin C. Batang dan daun kaya akan tanin, fitosterol, kalsium oksalat, serta alkaloid murisine. Anggota famili Annonaceae itu bersifat manis (buah masak). Faedahnya sebagai astrigen (daun dan buah mentah), antibakteri, dan antikejang. nah, buah sirsak ini cara membudidayakanya sangat mudah yaitu dengan perbanyakan tanaman dengan biji. Pemeliharaanya dengan cukup air dengan penyiraman yang cukup serta menjaga kelembapan dan pemupukan terutama pupuk dasar. Sirsak itu adaptif ditempat yang cukup sinar matahari.

Kemudian bagian tanaman yang digunakan dan dimanfaatkan adalah sebagai berikut :

  1. Peluruh keringat, “Cucilah dengan bersih 7 lembar daun segar, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring ramuan. Minumlah ramuan sehari sekali.”
  2. Antikejang, ” Cucilah dengan bersih 7 lembar daun segar, lalu rebus dengan 3 gelas air smpai mendidih dan tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring ramuan. Minum ramuan sehari selali.”
  3. Kekurangan vitamin C dan disentri, “cuci bersih buah sirsak mentah, lalu kupas kulit dan buang bijinya. Kemudian makan buah secukukpnya.”
  4. Bisul,” Ambil daun segar secukupnya. Cucilah dengan bersih, lalu lumatkan daun hingga halus. Tambahkan sedikit air, lalu aduk lumatan daun hingga menjadi adonan. Tempelkan ramuan dipermukaan atas bisul.”
  5. Ambeien, “Cucilah buah sirsak dengan bersih, lalu kupas kulit dan buang bijinya. Blender buah tersebut, lalu saringhingga diperoleh sari buahnya. Minum sari buah sirsak 2 kali sehari, masing- masing 1 gelas.”
  6. Sakit kandung urine dan anyang- anyangan, ” kupaslah buah sirsak setengah masak, potong- potong menjadi bagian yang kecil, dan buang bijinya. Tambahkan gula dan garam secukupnya, rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Makan hasil rebusan itu berikut airnya seperti makan kolak. Ulangi konsumsi ramuan sampai sembuh.”

Sumber: Penebar Swadaya

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: