Tanaman herbal Bunga sedap malam

| December 2, 2012 | 0 Comments

Nama latin Polianthes tuberosa

Nama lokal :  Sedap malam

Diskripsi : Sedap malam adalah bunga penghasil parfum, yang telah terpopuler dinegeri Indonesia. Mengap a dinamakan bunga sedap malam karena bunga ini menebar aroma wangi dan mekar dimalam hari. Asal mula sedap malam sebenarnya bukan dari negara Indonesia tetapi dari negara Mexico.

Ciri-ciri bunga sedap malam  :

Ini merupakan gambar bunga sedap malam penghasil parfum

Bunga sedap malam

Pohon  :  Tumbuh merumpun dengan tinggi sekitar 0,5 sampai 1,5 m.

Batang  :  Tumbuh tumbuh dari satu atau beberapa induk dan beberapa umbi anak.

Daun  :  Berbentuk panjang pipih berwarna hijau mengkilat dipermukaan atas dan hijau muda pada bagain permukaan bawah daun.

Tangkai  :  Tangkai bunga muncul diujung tanaman memanjang dan berbentuk ruas-ruas.

Berikut adalah beberapa khasiat herbal bunga sedap malam :

  1. Sebagai  herbal katarak, radang mata :  Ambil bunga sedap malam 50 kuntum, kemudian rebus dengan air 1.500 cc hingga. Dinginkan. Gunakan air tersebut untuk mencuci mata.
  2. Sebagai obat herbal bisul dan bengkak :  Ambil akar sedap malam secukupnya, cuci bersih, kemudian tumbuk hingga halus lalu tempelkan pada bagian yang sakit.
  3. Sebagai herbal Susah Tidur, Menenangkan Pikiran dan Hati, Penambah Darah, dan Pandangan Kabur  :  Ambil 30 kuntum bunga sedap malam, 15 gr kie-kie (beli ditoko obat cina), 1-2 buah hati ayam, 2 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, 10 gr jahe, mrica, garam dan kecap secukupnya. Iris bawang putih dan bawang merah, kemudian tumis semua bahan dengan minyak goreng nonkolesterol secukupnya, tambahkan lagi tepung tapioka yang telah diencerkan. masak sampai matang.
  4. Meningkatkan stamina :  50 kuntum bunga sedap malam, 50 gram kacang kapri, 1 butir telur ayam, 100 gram udang, 10 gram jahe, 2 siung bawah putih, 4 siung bawang merah. Tumis semua bahan dengan minyak goreng nonkolesterol secukupnya. Jangan lupa tambahkan tepung maizena yang telah diencerkan. Masak sampai matang.

Dikutip dari berbagai sumber

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: