Tanaman herbal Indonesia – Jagung

| February 26, 2012 | 0 Comments

JAGUNG

Nama latin : Zea Mays

Nama lokal : Jagung

Diskripsi tanaman : Tanaman ini sudah diusahakan sekitar 500 tahun oleh penduduk Meksiko dan Amerika Selatan bagian utara. Jagung ini mula-mula dibawa oleh Columbus ketika berkeliling dunia sebagai oleh-oleh ke negerinya, Spanyol. Baru pada perjalanan keduanya ke Amerika, anak buahnya membawa benih jagung yang dapat ditanam di Spanyol. Dari negara ini jagung menyebar ke negara disekitar Laut Tengah, baik yang beriklim sedang seperti Portugal, Italia, Perancis Selatan, Maupun daerah subtropis seperti Afrika Utara.

Orang Portugis membawa jagung ini kedaerah tropis pantai barat Afrika yang lebih panas  pada permulaan abad XVI dan berhasil berkembang biak. Kemudian jagung merembet ke India dan Cina. Di India ditanam didaerah lembah Bengawan Silugonggo, sedang di Pakistan Barat ditanam dipegunungan tinggi Punjab, sedangkan di Cina ditanam di dataran sungai Huan Ho ( Cina Utara) dan Hunan Barat.

Untuk Indonesia, Jagung semula dibawa oleh Portugis. Diantaranya juga ada yang dibawa ke pulau Tidore . Dari Tidore ada yang dibawa ke Sulawesi Utara dan menjadi nenek moyang jagung manado Kuning . Pada jaman Belanda jagung manado kuning sangat terkenal di Indonesia.

Dalam hal jagung ini terdapat 7 tipe jagung, perbedaannya didasarkan pada bentuk dan sifat bijinya semata-mata, yaitu :  Pop Corn, Mutiara, Gigi kuda, Berondong, Gula, Tepung dan Waxy corn.

Di Indonesia jagung ditanam disawah sebagai palawija, untuk diambil muda sebagai sayur (Jawa barat) dan dipanen tua sebagai bahan makanan pokok kedua (Jawa timur, Madura dan Nusa tenggara). Ditanam dengan jarak 60 X 90 cm. tiap lubang diisi 3 butir., biasanya sudah berkecambah pada umur 4 hari. Setelah berumur 3 bulan buahnya sudah dapat dipetik.  Selain dibuat tepung dan pakan ternak dan juga makanan pokok kedua, biji jagung digunakan sebagai pengganti kopi dengan cara jagung direndam dalam air mengalir selama 1 malam, sampai bengkak kemudian digoreng sangan kering tanpa minyak sampai bewarna coklat seperti kopi. Sesudah itu digiling halus kemudian dicampur dengan 10 % Kopi tulen.

Jagung selain sebagai makanan dan minuman juga berkhasiat sebagai obat herbal. Berikut beberapa resep jagung  :

  • Melancarkan air seni : 50 gr rambut jagung segar dicuci, direbus dengan 1 liter air sampai airnya tinggal 1/2 liter. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.
  • Batu ginjal : Segenggam rambut jagung segar, 4 tongkol jagung muda, 8 helai daun keji beling. Semua dicuci, lalu rebus dengan 0,5 liter air sampai airnya tinggal separuh. Saring untuk diminum sekaligus.
  • Hipertensi : Sama dengan resep untuk melancarkan air seni. Setelah tekanan darah normal, ramuan ini tetap diminum sehari sekali.
  • Batu empedu : 5 tongkol jagung, 20 helai daun kumis kucing. Semua dicuci, direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal 3/4 gelas. Diminum sekaligus pada siang hari.
  • Melancarkan ASI : Makan beberapa jagung rebus sebagai kudapan.

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: