Tanaman herbal Indonesia – Adhas

| July 2, 2012 | 0 Comments

A D H A S

Nama Latin : Foenoculul Vulgare

Nama Lokal : Adhas kowei, Adhas pedas, Hades

Diskripsi Tanaman : Tanaman herbal Adhas ini berasa dari Eropa selatan dan Asia. Tanaman ini akan dapat tumbuh hingga ketinggian 1800 M Dpl, namun akan tumbuh secara optimal di dataran tinggi.  Tanaman herba ini termasuk berumur panjang, Tinggi tanaman antara 50 cm – 2 m. Tanaman ini biasanya tumbuh merumpun, tiap-tiap rumpun berisi sekitar 3 -5 batang.

Ciri-ciri tanaman Adhas : Batang basah berwarna hijau kebiru-biruan, beralur, beruas serta berlubang. Apabila memar maka tanaman adhas ini akan berbau harum banyak ditemukan pulau jawa baik berkembang dengan alami(dihutan) atau dipelihara secara intensif. Buah lokal : bentuknya lebih kecil, diameter 4 mm, tidak begitu bulat, warna tengguli dan berbau harum. Sedangkan untuk buah asing : bulat, panjang, diameter 6 – 8 mm. Dinding buah hijau muda.  Dengan daun berselang-seling letaknya, dengan daun majemuk menyirip dan ganda. Kandungan zat berkhasiat dalam tanaman herbal ini adalah minyak terbang ( 0,3 %  – 6 % ) , dengan kadar anethol tinggi. Dengan kandungan minyak atsiri serta Anethol yang tinggi tersebut, maka jenis herbal ini banyak digunakan untuk pengobatan herbal.

Manfaat dan kegunaan dari tanaman herbal adhas ini adalah sebagai berikut :

  1. Untuk memperbaiki rasa obat (corrigen).
  2. Sebagai obat batuk herbal : Gunakan adhas sebanyak 5 gr, seduh dengan 1/2 cangkir air mendidih, Dinginkan. Saring dan tambahkan dengan madu. Minum air seduhan adhas ini sebanyak 2 kali sehari.
  3. Batu empedu : Ambil adas kering 5 gr, cuci bersih, seduh dengan 1 gelas air panas. Dinginkan. Minumlah sekaligus 1x segelas dalam sehari.
  4. Pencegahan dan penyembuhan impoten : Adas 10 gr, pulasari 25 gr, bawang putih 10 gr, mrico 25 gr, kunyit 25 gr Tumbuklah semua bahan sampai halus, tambah air panas secukupnya, hingga larut semua. Beri 1 sdm madu dan 2 kuning telur ayam kampung, kemudian aduk sampai rata. Minum 2-3 jam setelah makan, minum 1x sehari selama 1 bulan.
  5. Pencegah tumor dan kanker : Adas 5 gr, akar alang 100 gr, batang benalu teh 2-3, cuci bersih dan rebuslah semua bahan tersebut dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal setengahnya, dinginkan. Saring. Minumlah 2x sehari sekali minum 1/2 gelas.

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: