Tanaman herbal Indonesia – Akar Wangi

| February 10, 2013 | 0 Comments

AKAR WANGI

Nama Latin : Adropogon squarosus Linn.

Nama Lokal : Akar babahu, Usar jamur, Narawastu.

Diskripsi : Tanaman akar wangi ini dapat tumbuh baik dihabitat yang sangat ekstrim yaitu sangat basah maupun sangat kering. Dan juga baik tumbuh didaerah dengan curah hujan antara 1000 – 2000 mm., dengan rentang suhu antara 30 – 35 derajad celcius, tetapi suhu maksimumnya adalah 45 derajad celcius. Tentang pembudidayaannya bisa dilakukan dengan memecah rumpun akar wangi ini menjadi beberapa bagian dengan disertai akarnya, dipotong kira-kira 15 – 20 cm.  Tanaman herba akar wangi ini dapat dipanen setelah 8 bulan masa penanaman, tetapi untuk hasil maksimum kadar minyak atsirinya sebaiknya dipanen pada umur 14 – 16 bulan. Karena bila dipanen setelah tua maka kadar minyak atsirinya telah menurun.  Akar wangi adalah tanaman yang bisa disuling dan menghasilkan minyak atsiri.

Ciri tanaman herbal akar wangi : berbentuk Rumput, tinggi 1,5 – 2,5 m kuat, hidup lama, banyak rumpun. Tangkai : Panjang tidak lebar, daun hijau kelabu. Bunga : mengumpul menjadi pucuk lembaga, dengan cabang-cabang seperti telinga, agak besar, hijau atau ungu, berduri tempel (tidak kuat). Akar serabut : merah perang, tumbuh tak beraturan agak apek wangi (vetiver, cuscus, rad. iranancusae). Zat yang terkandung didalamnya adalah minyak terbang, zat pahit, minyak atsiri.

Minyak akar wangi bisa dimanfaatkan untuk pembuatan parfum, bahan kosmetik, pewangi sabun

Adapun manfaat herba akar wangi adalah sbb. :

  • Bau mulut : Akar wangi beberapa potong, daun sirih 2 lembar, pegagan 1 genggam, Buah kapulaga 6 butir air 110 ml. Buatlah infus. Gunakan untuk berkumur, lakukan 2x sehari, setiap kumur 100 ml, bisa juga diencerkan dengan air hangat sebagian untuk ditelan.
  • Obat rematik : Ambil akar wagi secukupnya, lalu gosokkan pada bagian yang sakit.

Selain manfaat tersebut diatas akar wangi juga dimanfaatkan untuk wangi-wangian, juga untuk mencegah datangnya  seranga – serangga pada tanaman. Sehingga biasanya ditanam sebagai pagar  tanaman, bisa juga sebagai pembatas antar tanaman.

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: