Tanaman herbal Indonesia – Apel

| June 24, 2012 | 1 Comment

A P E L

Diskripsi :  Buah ada 2 macam  warna merah dan hijau. Tanaman ini berasal dari Asia barat,Kemudian dibawa ke suriah pada jaman Ramses II (1292-1225). Umumnya tanaman ini tumbuh didaerah dingin. Yaitu di daerah pegunungan yang tingginya 1.000 diatas pemukaan laut. Selain itu keadaan tanah,pengairan dan sinar mataharipun harus mencukupi.

Kandungan dan Khasiat : Buah apel antara lain mengandung  pektin, karbohidrat, Kalsium, Magnesium, fosfor dan kalium. Pektin adalah senyawa polisacarida yang dapat larut dalam air dan membentuk cairan  kental (jeli) yng disebut mucilago/mucilagines. Cairan ini dapat berfungsi sebagai pelindung yang melapisi selaput lendir lambung dan usus.Artinya dinding lambung dan usus akan terlindungi bila ada luka-luka,kuman-kuman, ataupun toksik.

Fungsi lain adalah memperlambat resorpsi dan menyerap lemak dan gula sesudah kita makan karbohidrat.. Karena menyerap lemak inilah kadar kolesterol dengan sendirinya akan turun.  Juga bekhasiat sebagai obat tidur bagi para penderita insomnia  karena didalam apel terkandung mineral magnesium plus kalsium yang dapat berkhasiat sebagai enenag alami. Selain khasiat tersebut ada khasiat lain buah apel yaitu melancarkan air kencing karena mengandung kalium.

Ternyata penelitian-penelitian dilaboratorium mengungkapokan bahwa apel mengandung lebih dari 20 macam garam mineral yang menjadi unsur yang mutlak yang diperlukan dalam penggantian  sel sel di dalam tubuh. Dalam 100 gr apel ditemukan 6 mg kalsium,10 mg fosfor, 0.3 mg besi,0,0066 mg yodium, 15 mg natrium, 116 ng kalsium, 6 mg magnesium, 4 mg khlor 4 mg. belerang, 0,.1 mg kuprum, 0,11 mg mangan dan 0.07 mg. zincum.

Selain garam-garam itu apel juga mengandung berbagai macam vitamin, utamanya vitamin c kadar vitamin tergantung dari daerah apel tersebut ditanam. Bagian yag terbanyak mengndung vitamin adalah kulitnya, jadil makanlah buah apel bersama kulitnya.

Menurut pengalaman dokter di AS memakan buah apel satu sehari sangat baik pengaruhnya pada penderita jantung koroner. Dalam Apel terdapat 15  mg pektina. Ini cukup untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga mencegah kolesterol mengendap dalam darah.

Para dokter rusia berpendapat makan apel baik sekali untuk mencegah tekanan darah tinggi, sementara ahli gizi di Swiss mengadakan percobaan diet apel sederhana tapi seksama pada ribuan orang ternyata berat badan jadi amat berkurang. Sedangkan fungsi-fungsi jasmaniah jadi bertambah. Tekanan darah tinggi menurun tanpa menggunakan obat-obatan.

Berikut ini resep-resep yang menggunakan apel :

1. Mencegah sakit Jantung : Setiap hari makan 2 buah apel bersama kulitnya baik untuk jantung.

2. Pencernaan, ginjal, lever dan tekanan darah : Setiap pagi sarapanlah dengan 1 buah apel yang masih ada kulitnya. Lakukan kembali pada malam hari menjelang tidur.

3. Menurunkan demam : Ambil 1 buah apel, setelah dicuci bersih buatlah jus. minum jus ini langsung agar tidak berubah warna.

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: