Tanaman herbal Indonesia – Buah Nanas

| December 17, 2010 | 8 Comments

B U AH    N A N A S

Nama latin : Ananas Comusus Meer

Nama Lokal :Nanas, Danas, Enas, Ganas,Lanas, Manas

Deskrisi tanaman : Tanaman herbal nanas ini sudah banyak dikenal diwilayah Indonesia, Disampaing Rasanya segar sehingga banyak disukai oleh semua orang, namun juga karena penyebarannya merata di wilayah indonesia, sehingga udah ditemukan dimana-mana.

Tanaman herbal buah nanas ini termasuk jenis tumbuhan tropikal. Tanaman ini berasal dari Brazil, Bolivia, dan Paraguay. Tumbuhan nanasl ini rendah saka bak herba dengan 30 atau lebih daun yang panjang, tajam mengelilingi batang yang tebal. Buah nanas ini memiliki kandungan air hingga 90 %. Dengan mengkonsumsi buah ini akan meningkatkan protein dalam tubuh dan dapat mencegah dehidrasi.

Ciri-ciri tanaman herbal buah nanas :

  • Daun : Daunnya panjang bertumpuk dan menjuntai, berisi lebih kurang 30 lembar dalam satu tanaman mengelilingi buahnya. Bagian tepinya bergerigi.
  • Buah : Dalam bahasa inggris bernama  pineapple kerana bentuknya yang mirip  pokok kon pain. Orang Tupi menyebut buah ini  ialah anana, yang mengandung arti   “buah yang sangat baik”.
  • Warna Buah : berwarna putih ketika masih muda dan menguning setelah masak.
  • Rasa : Manis agak masam.

Kandungan zat berkhasiat dalam Buah nanas :

Buah nanas ini memiliki kandungan zat berkhasiat yang sangat banyak, yang bermanfaat bagi tubuh kita antara lain :

  1. Kalium
  2. kalsium
  3. Iodium
  4. Sulfur
  5. Khlor
  6. Asam
  7. Biotin
  8. vitamin B12m
  9. Vitamin  E
  10. Enzim bromelin.
  11. Protein.

Khasiat dan Manfaat Buah Nanas  :

  1. Buah nanas juga banyak mengandung vit. A dan C yang berfungsi sebagai antioksidan. Terdapat juga Magnesium, besi, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelain.
  2. Bromelain meiliki khasiat sebagai antiradang, juga membantu melunakkan makanan di dalam lambung,dan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.
  3. Memiliki  Kandungan serat yang banyak sehingga dapat memudahkan  buang air besar.
  4. Memiliki sifat mendinginkan.
  5. Membantu mengurangi asam lambung yang berlebihan.
  6. Membantu proses pencernaan makanan.
  7. Menjadi obat antiradang.
  8. Melancarkan  kencing.
  9. Menghilangkan jaringan kulit yang telah mati.
  10. Mencegah pertumbuhan sel kanker.
  11. Dapat menghalangi  penggumpalan trombosit.

Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan buah nanas:

  • Jus Nanas : dapat mengobati cacingan, sakit radang tenggorokan, sakit beri-beri, membantu menurunkan berat badan, juga masalah pencernaan.
  • Mengobati luka bakar,gata- gatal dan bisul : Ambil daun Nanas bersiohkan terlebih dahulu dengan dicuci lalu itumbuk hingga haluskemudian  balurkan pada bagian yang sakit.
  • Menghilangkan Ketombe: gunakan 1/4 buah nanas yang telah masak. bersihkan kulitnya, kemudian  parut, peraslah , dan kemudian disaring. Kemudian tambahkan dengan air perasan 1 buah jeruk nipis dan aduklah  hingga rata. Kemudian ramuan ini dipakai untuk menggosok kulit kepala. Hal ini dilakukan pada malam hari sebelum tidur. Pada keesokan harinya keramaslah hingga bersih. Sebaiknya digunakan 2-3 kali seminggu.
  • Mengobati peradangan pada kulit : Ambil 1/2 buah nanas masak. Kupaslah kulitnya, lalu parutlah. Parutannya digunakan untuk menggosok bagian kulit yang sakit. Hal ini dilakukan satu kali  sehari, pada waktu malam sebelum tidur. Kemudian pada pagi harinya baru dibersihkan. Gunakan setiap hari.
  • Mengobati sembelit : minumlah air  perasan 3 buah nanas yang belum matang benar.

Hal hal yang perlu diperhatikan dari mengk0msumsi buah nanas :

  1. Buah nanas muda memiliki potensi sebagai abortivum atau sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan, Oleh Karena wanita hamil perlu hati-hati mengkonsumsi buah ini. Dan buah ini dapat melancarkan haid.
  2. Dapat memicu rematik. Di dalam saluran pencernaan, buah ini  akan terfermentasi menjadi alkohol. hal ini dapat memicu ambuhnya rematik gout. Maka bagi Penderita rematik dan radang sendi harus membatasi konsumsi nanas.
  3. Dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, hal ini karena buah nanas ini memiliki kandungan gula yang tinggi. Maka bagi penderita diabetes perlu membatasi konsumsi buah nanas.
  4. Dapat mengakibatkan gatal pada bagian mulut  dan lidah, hal ini setelah makan buah nanas  untuk itu rendamlah  potongan buah nanas dengan air garam.

Category: Tanaman Herbal

Comments (8)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. sanny says:

    pagi. maaf, mau tanya. keponakan saya umur 2 thn didiagnosis oleh dokter, menderita penyakit ada air di buah zakarnya. kata dokter, itu ga ada obatnya,mesti dioperai. bisa bantu saya, apakah ada pengobatan herbalyg bisa menyembuhkannya ? ditunggu jawabannya yah. terima kasih

  2. salam pak,
    Saya minta di beri tahukan resep herba untuk menghitamkan rambut, alias tidak beruban , he he he:) Umur saya 42 thn. Makasih pak

  3. gugun says:

    isteri saya hamil sdh sekitar 4 bulan setelah pemeriksaan dokter janinnya tak berkembang dan harus di kuret tapi dia takut untuk di kuret ada ya mas obar herbal untuk membersihkan janin tersebut mohon infonya ya,

  4. syarie says:

    mikum pak
    apakah ad tanaman herbal bwat mempercepat pertumbuhan rambut???

    terims

  5. jamur lingzhi says:

    emang bener banget buah nanas bisa memperlanncar buang air besar. kalo saya sembelit, gak perlu repot2 cari obat. cukup beli nanas sama orang tukang buah depan kantor… buang air jadi lancar lagi. siip…

Leave a Reply

%d bloggers like this: