Tanaman herbal Indonesia – Daun salam

| June 29, 2012 | 0 Comments

DAUN SALAM

Nama Latin : Eugenia poly antha Weight.

Nama Lokal : Daun salam.

Diskripsi : Bahan lain yang cukup dikenal dan memiliki kemampuan mengusir diare adalah daun salam. Bahkan daun yang dikenal sebagai bagian bumbu dapur ini telah lama dikenal masyarakat kita sebagai obat diare alami. Tanaman salam mengandung tanin, minyak asiri dengan sitral dan eugenal didalamnya, serta flavonoid. Selain daun, kulit pohon dan buah juga bisa digunakan sebagai obat diare. Dalam penelitian menggunakan hewan percobaan kelinci, terbukti rebusan daun salam dapat menurunkan kontraksi otot polos usus. Penelitian menggunakan tikus yang sengaja dibuat diare dengan pemberian minyak jarak oleh Adjirni  (1996) juga membuktikan, infus  90  dan  270 mg / 100 g bobot badan (BB) telah mennunjukkan efek anti diare. Efek ini sebanding dengan loperamid 0,12 mg / 100 g BB. Efek anti diare daun salam ini muncul berkat kandungan tanin didalamnya.

Penelitian lain menguji daya anti bakteri minyak asiri daun salam dengan menggunakan bakteri E.  colli dan S. aureus. Dari penelitian diketahui, pengaruh buruk E. colli bisa dihambat dengan kosentrasi minimal 40% dan terhadap S. aureus pada kadar 50%.

Adapun ciri – ciri herbal daun salam tersebut adalah sbb :

  • Pohon : Tumbuh liar dihutan dan dipegunungan ketinggian bisa mencapai 25 m dan lebar pohon 1,3 m.
  • Buah : berbentuk bulat kecil.

Zat yang terkandung didalam herbal tersebut adalah :

  • Minyak atsiri, tanin, dan flavonoida.

Berikut resep yang menggunakan herbal daun salam :

  • Diare :

Resep I : Daun salam setengah tua 10 helai dan kulit pohonnya dua jari tangan. Bahan dicuci, dan direbus dengan 2 gelas air hingga tinggal 2/3 nya. Sesudah dingin, diminum dengan madu secukupnya. 2 – 3x sehari, masing – masing 1 gelas.

Resep II : Daun salam 75 – 100 g direbus dengan air 3 gelas hingga tinggal setengahnya. Airnya disaring dan minum 3x sehari masing -masing setengah gelas. Daun salam bisa direbus ulang sekali lagi keesokan harinya sebelum menggunakan daun baru.

  • Radang lambung : Daun salam 30 g, sambiloto kering 30 g, gula batu secukupnya. Rebus dengan 600 cc air sampai tersisa setengahnya . Mminumlah 2x sehari. Lakukan secara teratur.
  • Asam urat : Daun salam 10 lembar,dicuci bersih. Rebuslah dengan 700 cc air sampai tersisa 200 cc, minumlah air tersebut selagi masih hangat.
  • Stroke : Daun salam 10 lembar, jantung pisang 50 g. buatlah masakkan dengan selera anda, lalu dimakan.
  • Mabuk akibat alkohol : Buah salam masak 1 genggam, tumbuk sampai halus, peras dan saring. Minumlah airnya sekaligus.
  • Kudis dan gatal pada kulit : Daun, batang, atau akar salam secukupnya. Dicuci bersih, terus digiling hingga halus, beri minyak kelapa secukupnya, lalu balurkan pada bagian kulit yang gatal atau pada kulit yang terkena kudis.

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: