Tanaman herbal Indonesia – Greges otot

| December 10, 2010 | 0 Comments

GREGES OTOT

Nama Latin Equsetum debile roxb.

Nama lokal : Greges tulang, Rumput betung, Sendep-dendep, bibitungan, Tataropongan, Zorogan haji, Sempol, Tepung balung, Tikel balung, sodlisaan.

Deskripsi tanaman : Tanaman herbal ini termasuk tanaman yang bisa berumur lama. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik pada daerah diketinggian 300 – 2700 meter diatas permukaan laut, didaerah panas, dan lengas.Tanaman ini bisa tumbuh didaerah terbuka ataupun didaerah yang sedikit ternaungi. Biasanya ditemukan di daerah pasir-pasir maupun berbatu. Tinggi tanaman ini bisa mencapai 1 m.

Ciri-ciri tanaman herbal greges otot :

  • Batang :  Berbatang lemas, dan Berongga, ujungnya berjuntai dan bagian pangkalnya merayap. Dengan diameter batang 2 – 10 mm. Bergaris dan beruas panjang. Cabang-cabangnya berkarang dan keluar buku-bukunya.
  • Daun : Biasanya daunnya keluar dari buku-buku, Tersusun bersusun berkarang dan bentuk  lancip. Cabang-cabang berkarang keluar dari buku-bukunya, selalu hijau dengan akar rimpang yang merayap dan berbentuk sisik, daun ini merupakan sebuah kelopak tipis. Sedangkan kantong spora terletak di daerah ujung batang, yang berupa bulir, dengan panjang 1-2,5 cm dengan bentu lonjong dan berujung tajam. Daun sporanya mempunyai bentuk perisai bersegi enam, memiliki tangkai, di bagian tengah berangkai dan memiliki susunankeliling. Sedangkan untuk perbanyakan dengan spora.

Kandungan zat berkhasiat dalam Greges otot :

Tanaman ini banyak mengandung kiezelzuur dan kalium terdapat juga asam aconiet.

Khasiat dan Manfaat tanaman herbal Greges otot :

  1. Obat sakit sendi. Ambil tanaman greges otot lengkap dari akar sampai daun, bersihkan terlebih dahulu dengan dicuci sampai bersih. Lumatkan atau tumbuk sampai halus dan tempelkan pada bagian yang sakit. Gunakan secukupnya.
  2. Obat gosok pada anak-anak. Cara penggunaannya sama dengan untuk obat sendi.
  3. Untuk memperkuat anggota badan. Cara penggunaan sama dengan untuk mengobati sakit sendi.
  4. Rheumatik. Ambil tanaman herba greges otot sebanyak 15 g yang telah dikeringkan tambahkan  sebutir asam (Tamarindus indica) , kemudian rebus dengan 3 gelas air. hingga tersisa 1 gelas, saring, setelah dingin diminum  pagi dan sore hari, sampai sembuh.
  5. Hepatitis. ambil tanaman greges otot lengkap dari akar sampai daunnya, tumbuk hingga halus dan ambil sebanyak 30 gr dan rebus hingga mendidih. Saring dan minumlah air rebusan tersebut.

Sebagai tambahan selain tersebut diatas tanaman herbal greges oto ini banyak digunakan untuk mengobati beberapa penyakit dibawah ini :

  • Untuk mengobati Radang mata merah (acute conjunctivitis).
  • Untuk mengobati Radang saluran air mata (ductus lacrimalis).
  • Dapat Menghambat pembentukan selaput pada mata (pterygium).
  • Untuk sakit Influenza dan  demam.
  • Bisa juga untuk Diare, radang usus.
  • Untuk mengobati Kencing berdarah (hematuria), berak darah, darah haid banyak.
  • dapat juga untuk  Kencing yang kurang lancar, bengkak (edema).
  • Digunakan dalam pengobatan patah tulang.
  • Untuk mengobati Wasir (hemorrhoid).

Dalam penggunaan tanaman herba ini perlu diingat bahwa penggunaa dalam waktu yang lama dapat mengganggu fungsi ginjal.

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: