728×90

Tanaman herbal indonesia – Jambu biji

| June 28, 2012 | 0 Comments

 Tanaman herbal indonesia   Jambu biji JAMBU BIJI

Nama latin : Psidium guajava L.

Nama Lokal : Jambu biji

Diskripsi : Jambu biji atau jambu batu termasuk yang mudah didapat.  Selain buahnya sebagai sumber   vitamin C, hampir semua bagian tanaman ini, terutama daun dan buah muda, dapat mengobati mencret lantaran sifat mengelat yang dimilikinya. Begitu juga akarnya Bahkan bagian ini dikatakan sebagai obat ampuh untuk disentri awal stadium dua.

Hasil penelitian in vitro terhadap kontraksi usus dengan menggunakan usus marmot menunjukkan, rebusan daun jambu biji kosentrasi 5 %,  10%,  dan  20%  dapat mengurangi kontraksi usus halus (Natsir, 1986). Sedangkan penelitian terhadap kemampuan rebusan daun jambu biji dalam penghambat pertumbuhan bakteri Eschaerichia colli dan staphylococcus aureus menujukkan, kadar terrendah 2% dapat menghambat pertumbuhan S. aureus dan dalam kadar 10% bisa menghambat pertumbuhan E. colli.

Hasil penelitian itu bisa digunakan sebagai dasar penggunaan daun jambu biji sebagai obat diare akibat infeksi (yuniarti, 1991). Zat aktif dalam daun jambu yang dapat mengobati diare adalah tanin. Dalam penelitian terhadap daun kering dalam jambu biji yang digiling halus diketahui, kandungan taninnya 17,4%. Makin halus serbuk daunnya, makin tinggi kandungan taninnya. Senyawa itu bekerja sebagai atringent, yaitu melapisi mukosa usus, khususnya usus besar. Tanin juga menjadi penyerap racun dan dapat menggumpalkan protein.

Adapun ciri tanaman herbal jambu biji adalah sbb :

  • Pohon : pohon tinggi sampai 10 m.
  • Daerah asal : Amerika bagian tengah, sampai 1200 m diatas permukaan laut.
  • Daun : bertulang menjirip dipangkalnya ibu tulang dan 15 tulang cabang. Tepi daun membengkok keatas.

Zat yang terkandung didalam herbal jambu biji adalah :

  • Daun :  zat samak 9%, minjak, euchenol, damar 3% dan banyak Ca- oxalat.
  • Kulit : zat samak 3%.

Resep yang menggunakan herbal jambu biji sebagai obat adalah sbb :

Diare :

Resep I :

Rebus 15 – 30 g daun kering jambu biji dalam 150 – 300 ml air mendidih. Hasil rebusan disaring dan siap untuk diminum sebagai obat diare.

Resep II :

Bila ingin memanfaatkannya dalam bentuk segar, diperlukan 12 helai daun segar, dicuci bersih, ditumbuk halus, ditambah 1/2 cangkir air masak dan garam secukupnya. hasil tumbukan diperas, disaring, lalu diminum. Supaya terasa enak, bisa ditambah dengan madu.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
460×60 Cara Pesan Produk Online Baitulherbal.com

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: