Tanaman herbal Indonesia – Jeruk Nipis

| August 22, 2012 | 0 Comments

JERUK  NIPIS

Nama latin : Cirus Aurantifolia

Nama lokal : Jeruk asam, Jeruk pecel, Jeruk nipis.

Diskripsi tanaman : Tanaman herbal jeruk nipis ini termasuk tanaman perdu. Memiliki batang banyak,. Tumbuh didaerah panas dan tanahnya tidak gemuk. untuk dipulau jawa tanaman ini mudah ditemukan dimana-mana. Biasanya tanaman ini tumbuh karena ditanam.

ciri-ciri tanaman herbal jeruk nipis :

  • Buah :  Berbentuk bulat, Rata dengan putik di sebelah, dengan diameter buah 3 -6 cm.
  • Kulit :Tipis, Berwarna hijau ketika masih muda dan menguning citrun setelah masak. Permukaan buah rata, bertitik-titik halus (lebih-lebih pada buah yang telah masak).
  • Kotak : Berwarna putih kehijauan, mengandung air yang sangat banyak.
  • Rasa : Berasa masam.
  • Bau : Berbau wangi/harum.

Kandungan zat berkhasiat dalam tanaman herba jeruk nipis : Mengandung asam citrun 6 – 7 %.

Khasiat dan kegunaan tanaman herbal jeruk nipis :

  1. Sebagai bahan untuk memasamkan makanan, misalnya sebagai pemasam pada makan soto. ( dalam hal ini sebagai pengganti cuka ).
  2. Untuk menurunkan demam : Air perasan jeruk nipis dicampur dengan kapur.
  3. Mengobati Ambeien. Guynakan  10 gr akar tanaman  jeruk nipis dicuci hingga bersih, kemudian rebus menggunakan  air sebanyak 1 liter selama 30 menit, lalu saring. Diminum selagi masih hangat sebanyak 3 kali sehari.
  4. Untuk mengobati Amandel. Bagian yang digunakan adalah Kulit. Ambil kulit  3 jeruk nipis, bersihkan terlebih dahuludengan  dicuci, potong-potonglah, kemudian rebus menggunakan air 2 gelas, didihkan hingga tersisa 3/4, saring.  Gunakan Air tersebut  untuk berkumur-kumur. Ulangi hingga 3-4 kali sehari.
  5. Mengobati anyang-anyangan. Ambil 2 jeruk nipis bersihkan dengan dicuci terlebih dahulu, peras  airnya, beri gula batu secukupnya dan 1 gelas air panas. Aduk hangat-hangat, minum sekaligus sehari sekali.
  6. Mengobati Batuk : Ambil 1buah  jeruk nipis bersihkan terlebih dahulu dengan dicuci, peras airnya, tambah dengan  1 1/2 sdm madu dan sedikit garam, aduk sampai  rata kemudian saring. Minumlah 2-3 kali sehari. Atau Bisa juga dengan air perasan jeruk nipis tambahkan  sepotong gula batu, aduk hingga merata, minumlah1 kali sehari sampai sembuh.
  7. Menghilangkan Bau badan. : Potonglah jeruk nipis yang cukup besar menjadi 2 bagian, oles setiap bagian irisan dengan kapur sirih tipis-tipis. Oleskan pada  ketiak sehabis  mandi. Biarkan selama 5 menit kemudian bilaslah , sebaiknya dilakukan tiap pagi dan sore.
  8. Mengobati Batu ginjal :  Gunakan 2 butir jeruk nipis,  ambil airnya encerkan dengan 2 gelas air hangat, diminum setelah makan malam. Ulangi tiap hari selama 10 hari.
  9. Mengobati Difteri : gunakan 2 jeruk nipis bersihkan terlebih dahulu dengan dicuci, peras airnya, Seduhlah menggunakan 1 gelas air panas tambahkan 1 sdm madu. Pakaialah ramuan ini untuk berkumur selama dua menit ketika masih hangat, kemudian diminum. Ulangi 3 kali sehari.
  10. Mengobati Demam atau flu. Ambil 1 buah  jeruk nipis bersihkan terlebih dahulu dengan dicuci kemudian peras airnya , tambahkan  3 siung bawang merah yang telah tumbuh dan 1 sdm minyak kelapa. Oleskan pada kening.
  11. Mengatasi Haid tidak teratur. ambil 3 sdm air jeruk nipis tambahkan  1 sdm madu dan 2 gelas air panas aduk hingga merata. Minumlah selagi masih hangat. dilakukan 3 kali sehari.
  12. Mengencangkan perut sehabis melahirkan. Gunakan 1 sdm kapur sirih tambahkan dengan  2 sdm minyak kayu putih dan air  perasan dari 2 buah jeruk nipis , aduklah hingga merata, oleskan ada perut. Resep ini dilakukan selama 3 bulan setiap hari setelah habis mandi, hal ini agar perut tidak keriput, tetap halus dan kempis seperti sebelum mengandung.
  13. Mengobati Jerawat. Gunakan 1 jeruk nipis, irislah  lalu gosokkan pada kulit wajah.
  14. Untuk Mencegah rambut rontok atau berketombe. Ambil 2 buah jeruk nipis potonglah menjadi tiga bagian, kemudian dioleskan pada kulit kepala hingga merata. Bungkus kepala dengan handuk selama semalaman, keramaslahpagi harinya  Hal ini dilakukan sebanyak 3 kali seminggu.
  15. Untuk Melebatkan rambut. Gunakan ramuan dari 1 butir kuning telur ayam kampung kocoklah menggunakan  air perasan dari 3 butir jeruk nipis hingga merata. Kemudian gosokkan pada kulit kepala, pijit-pijitlah hingga merata, tunggu hingga 2 jam, baru bilaslah  dengan sampo merah agar rambut menjadi kelihatan mengkilap dan lebat.
  16. Untuk Menghentikan kebiasaan merokok. Irislah satu buah jeruk nipis, kemudian hisap lalu minumlah air putih. hal ini dilakukan beberapa kali sehari.
  17. Mengobati Vertigo. Gunakan setengah genggam daun jeruk nipis kemudian dilumatkan. Tambahkan dengan 1 sdm air perasan jeruk nipis. Gosokkan di bagian tengkuk, pelipis, dan dahi. hal ini dilakukan 2 kali sehari.
  18. Menghilangkan Lendir di Tenggorokan. ambilah 2 buah jeruk nipis dan potonglah , peras airnya, kemudian tampung di gelas. Tambahkan dengan sedikit garam, lalu aduk hingga merata. Minumlah ramuan ini pada saat perut dalam keadaan kosong.
  19. Untuk melangsingkan badan. Gunakan air perasan satu buah jeruk nipis  dalam secangkir air teh hijau. Minumlah ramuan ini tiap pagi dan sore hari. Hal ini dilakukan setiap hari.
  20. Mengobati Hipertensi : Gunakan 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis, Cuci bersih semua bahan kemudian lalu tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringannya diminum 3 kali sehari 3/4 gelas. Minum ramuan ini ditambah sedikit madu. Lakukan setiap hari.

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: