728×90

Tanaman herbal Indonesia – Kayu Manis

| February 10, 2013 | 2 Comments

KAYU MANIS

Nama latin : Cinamomum Burmani,

Nama lokal : Manis jangan, Kayu legi, Kanigar, Hotim, Huru mentek, Kulit manis, Ki amis.

Diskripsi tanaman : Tanaman herbal kayu manis  ini, ketinggiannya bisa mencapai 15 m, dan diameter batangnya mencapai 30 cm. Tanaman ini bisa tumbuh didaerah antara 1000 hingga 1500 meter diatas permukaan laut.  Tanaman herbal ini bisa ditemukan dihutan, dan biasanya daunnya rimbun. Tanaman ini banyak digunakan untuk menambah citarasa suatu masakan dan juga menambah aroma suatu makanan, dan juga sebagai bahan yabg diguna. Kayu manis ini termasuk golongan pohon penghasil rempah-rempah. Tanaman kayu manis ini termasuk bumbu tertua, bahkan sudah digunakan oleh bangsa mesir kuno sekitar 5000 tahun yang lalu. Kayu manis ini secara tradisional juga digunakan sebagai ramuan obat herbal,dengan ditambah madu misalnya untuk pengobatan radang sendi, Jantung, sakit kulit dan bisa digunakan juga bagi yang menderita perut kembung.

Ciri – ciri tanaman kayu manis :

  • Kayu : Agak berat, tidak keras, Pejal, struktur halus, dengan serat lurus.
  • Warna dan bau  : kayu manis ini berwarna merah muda coklat, dan berbau adhas.
  • Kulit : berwarna kelabu tua, berbau tajam.
  • Daun : Berwarna merah atau hijau.

Kandungan Zat berkhasiat tanaman kayu manis : Tanaman kayu manis ini memiliki berbagai kandungan kimia yaitu minyak Pengobatan atsiri eugenol, sinamaldehyde, tanin, kalsium oksalat, damar dan zat samak.

Manfaatan  obat herbal kayu manis :

Selain untuk menambah citarasa masakan, juga pada pembuatan kue baik untuk aroma maupun rasa kayu manis juga dimanfaatkan sebagai obat herbal. Adapun pemanfaatannya diantaranya adalah sebagai berikut  :

  1. Pengobatan diabetes melitus:. Berbeda dengan obat-obatan yang lain cara kerja obat herbal kayu manis ini adalah dengan cara mengoptimalkan atau optimalisasi fungsi organ tubuh yang masih baik, sehingga ia akan memperbaiki fungsi dari organ pankreas ( karena dalam hal ini /diabetes) yang bermasalah adalah organ pankreas.
  2. Pengobatan asam urat : Ambil 1 ibu jari kayu manis, 5 gram biji pala, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 4 lembar dan sosor bebek. Bersihkan terlebih dahulu bahan-bahan tersebut dengan dicuci. Rebus dengan 600 ml air. Didihkan dan sisakan 300 ml. Saring dan minumlah.
  3. Pengobatan sakit maag. : Gunakan 10 gram kayu manis yang direbus dengan air 200 cc, dan sisakan 100 cc. Saring dan minumlah selagi hangat.
  4. Untuk obat sakit kepala : ambil 10 gram kayu manis, 3 bitur cengkeh, 5 gram pala, 5 gram merica, 10 gram  jahe. Semua bahan ditumbuk dan diseduh dengan air. Saring dan m,inumlah secara teratur.
  5. Obat perut kembung dan masuk angin : Gunakan 5 gram kayu manis, 5 gram pulosari, 5 gram jahe, 5 gram pulosari dan 5 gram adas, serta 5 gram biji pala. Rebus semua bahan tambahkan gula aren secukupmya. Rebus hingga mendidih dengan air 800 ml. Sisakan 450 ml. Minum selagi hangat 150 ml, 3 x sehari.
  6. Pengobatan diare : Gunakan 5 gram kayu manis,     5 lembar daun jambu biji. Bersihkan terlebih daulu dengan dicuci. Rebus dengan air 600 ml dan sisakan 300 ml.

Category: Tanaman Herbal

Comments (2)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. ARVENHEMB says:

    waah ternyata banyak banget ya khasiat kayu manis :)
    Indonesia kita ini memang kaya dengan rempah – rempah :D
    Hebaaaaaaaat :) :D :P

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: