728×90

Tanaman herbal Indonesia – Meniran

| December 3, 2010 | 0 Comments

M  E  N  I  R  A  N

Nama Latin : Phyllantus niruri Linn.

Nama lokal : Meniran, Memeniran merah, Dukung-dukung anak, Daun gendong anak.

Diskripsi tanaman Tanaman herbal meniran ini termasuk tanaman berbatang basah. Dengan daya hidup dalam kurun waktu 1 tahun. Tidak berbulu, acapkali berbatang banyak dan kuat tidak bundar. Dengan warna batang hijau.  Dengan tinggi tanaman antara 30 – 40 cm, biasa tumbuh liar tidak dipelihara. Biasanya tanaman ini tumbuh ditempat yang banyak batunya dan dipadang rumput. Tumbuh baik didaerah dengan ketinggian sampai 1000 m diatas permukaan laut.

Ciri-ciri tanaman herbal meniran :

  • Batang : Batang basah dengan warna kulit batang hijau. tinggi antara 30 – 40 cm.
  • Bunga : Tumbuh bunga diketiak daun, berseling dalam 2 baris disetiap dahannya. Hingga kelihatan seakan-akan hanya satu daun bersirip. Pada pangkal anak daun terdapat daun pelindung 2 selaput. Bunga betina adalah tunggal, berada dipangkal, sedangkan bunga jantan berdua atau bertiga diujung dahan.
  • Buah : Bentuk buah tanaman meniran ini adalah kotak, berduri tempel pendek berkatup 3, buah pecah dan rata.
  • Kulit sari dari tanaman herbal meniran ini mempunyai tambahan.
  • Anak daun : Berbulu mata pendek ditepinya.

Kandungan zat berkhasiat dalam tanaman meniran :

1. Mengandung Phyllantine : beracun kuat, terutama terhadap susunan saraf pusat

2. Kalium : Kandungan ini terdapat pada pohon meniran yang masih segar.

3. Zat penyamak.

4. Mineral dan damar.

Manfaat dan kegunaan tanaman herbal meniran, untuk obat herbal :

1. Untuk pengobatan sakit kuning / hepatitis . : Ambil 16 tanaman meniran, dan gunakan 2 gelas air susu. Cuci bersih tanaman meniran dengan menggunakan air. Rebus dengan air susu sebanyak 2 gelas. Didihkan hingga tersisa 1 gelas. Saring air rebusan tersebut dan minum sekaligus. Dilakukan setiap hari hingga sembuh.

2. Mengobati Malaria : Gunakan 7 buah tanaman meniran, 5 biji bunga cengkeh dan sepotong kayu manis. Bersihkan terlebih dahulu seluruh bahan dengan dicuci, Kemudian semuanya tumbuk hingga halus, rebus seluruhnya dengan 2 gelas air. Didihkan hingga tersisa 1 gelas.  Saring dan minumlah 2 kali sehari.

3. Pengobatan Ayan : Gunakan tanaman meniran ini sebanyak 17 buah. cuci bersih dan rebus dengan 5 gelas air hingga mendidih dan  sisakan 2,5 gelas. Saring dan minumlah sebanyak 3/4 gelas sekali sehari selama 3 hari.

4. Pengobatan Demam : Gunakan tanaman herbal meniran sebanyak 3- 7 buah, Cuci bersih tanaman tersebut dan seduh dengan segelas air panas. Saring dan minumlah sekaligus.

5. Mengobati batuk : Ambil tanaman herbal meniran sebanyak 3-7 buah. cuci bersih dengan air. Tumbuk halus dan rebus dengan 3 sendok makan  air.  Hasil rebusan dicampur dengan madu secukupnya, aduk merata dan minum sekaligus. Minum setiap hari 2 kali.

6. Disentri : Gunakan tanaman herbal meniran sebanyak 17 tanaman. Cuci bersih tanaman tersebut. Rebus dengan segelas air hingga mendidih, Saring dan minumlah sebanyak 2 kali sehari pagi dan sore.

7. Luka karena Koreng : Gunakan tanaman herbal meniran sebanyak 9 – 15 buah. Cuci bersih dengan menggunakan air. Tumbuh halus tanaman tersebut dan rebus dengan ceret. Air rebusan digunakan untuk mandi.

8. Dan beberapa pengobatan lain dengan bahan dasar meniran diotambah beberapa tanaman herbal lain. Antara lain : Jerawat, luka bakar kena api dan haid yang berlebihan. Dengan bahan tambahan antara lain, Kunyit, temulawak dan air tajan.

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: