Tanaman herbal Indonesia – Singkong

| December 26, 2010 | 0 Comments

S I N G K O N G

Nama latin : Manihot esculenta Crantz

Nama lokal : Ubi kayu, singkong,  ketela pohon, pohong, sampeu.

Deskripsi tanaman :  Tanaman singkong ini mula kali dikenal di Amerika Selatan.Tanaman singkong termasuk jenis tanaman perdu. Tanaman singkong ini bisa dipanen setelah 6 -7 bulan dari masa penanaman. Tanaman singkong ini bisa tumbuh dimanapun tempat, kecuali ditempat yang becek dan terendam air. Singkong merupakan tanaman yang memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap berbagai kondisi tanah serta tidak memerlukan perawatan khusus.

Ciri-ciri tanaman herbal singkong :

  • Daun : Daun berbentuk seperti jari, memiliki lembaran-lembaran yang menjuntai mirip jari manusia, dengan lebar 2-4 cm dan panjang 7 – 12 cm.
  • Umbi : Memiliki garis tengah 2-3 cm, dengan panjang 50 – 80 cm. Berwarna kekuning-kuningan ataupun juga ada yang berwarna putih.

Kandungan zat yang terdapat dalam tanaman singkong :

Tanaman herbal singkong ini merupakan tanaman yang memilki kandungan gizi yang cukup lengkap. Sehingga banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan aneka makanan,  dan juga dalam penggunaannya untuk pegobatan. Adapun kandungan zat dalam tanaman singkong adalah : Karbohidrat, Phosphor, Kalsium, Vitamin C, Protein, Zat Besi, Lemak, Vitamin B1.

Manfaat dan kegunaan tanaman singkong :

  1. Daun singkong dapat gunakan sebagai obat penambah darah karena memiliki kandungan zat besi yang tinggi.
  2. Daun singkong dapat digunakan untuk mengompres pada luka bakar karena dapat mempecepat proses pendinginan.
  3. Umbi singkong juga dapat dipakai sebagai obat panas dalam dengqan cara diparut terlebih dahulu dan diambil air perasannya. Air perasan umbi singkong terbukti mengandung getah dan tepung maka bisa dipakai untuk obat maag dan panas dalam.
  4. Air perasan umbi dapat mengobati luka pada lambung, karena fungsinya sebagai antibiotik. Sedangkan pada penderita panas dalam air perasan umbi singkong tersebut dapat mendinginkan daerah pencernaan.
  5. Umbi singkong sebagai bahan dasar pembuatan tepung tapioka/kanji.
  6. Sebagai bahan dasar pembuatan aneka olahan makanan.
  7. Daun singkong banyak dimanfaatkan oleh para penduduk untuk sayuran.

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: