728×90

Tanaman herbal Indonesia – Sisik Naga

| December 15, 2010 | 1 Comment

S I S I K    N A G A

Nama Latin : (Drymoglossum piloselloides [L.] Presl.)

Nama lokal : Sisik naga, Picisan, Sakat riburibu, Paku duduwitan, Pakis duwitan.

Diskripsi tanaman : Tanaman herbal sisik naga ini bisa  ditemukan di seluruh daerah Asia tropik, Tanaman ini termasuk tumbuhan epifit , tetapi ia bukan golongan  parasit karena dapat memproduksi  makanan sendiri. Tanaman ini, juga ditemukan tumbuh liar di hutan, di ladang, dan tempat-tempat  yang agak lembab mulai dari dataran rendah sampai daerah dengan ketinggian  1.000 m diatas permukaan laut. Tanaman herbal sisik naga ini termasuk tumbuhan terna, tumbuh di batang dan dahan pohon,.

Ciri-ciri tanaman herbal Sisik Naga :

  • Akar rimpang : Panjang, kecil, merayap, bersisik, panjang 5-22 cm, akar melekat kuat.
  • Daun :  Antara daun yang dengan yang lain tumbuh dengan jarak yang pendek. Tasngkai daun pendek, permukaan tebal dan berdaging berdaging, dengan bentuk daun jorong atau jorong memanjang, ujungnya  tumpul atau membundar, dengan pangkal runcing, tepinya  rata, ketika tua permukaan daun gundul atau berambut jarang pada permukaan bawahnya.
  • Warna daun : hijau sampai hijau kecokelatan. Daunnya ada yang mandul dan ada yang membawa spora. Daun yang fertil memiliki tangkai pendek atau duduk,
  • Bentuk daun : oval memanjang, dengan panjang 1-5 cm, dan lebar 1-2 cm. Sedangkan ukuran daun yang berbentuk bulat sampai jorong kira-kira  sama dengan uang logam picisan sehingga tanaman sisik naga ini dinamakan picisan. Sisik naga dapat budidayakan dengan spora dan pemisahan akar.

Kandungan zat berkhasiat dalam tanaman herbal Sisik Naga :

  • Tanaman ini mengandung minyak asiri.
  • Sterol/triterpen.
  • Ffenol.
  • Flavonoid.
  • Tanin, dan gula.

Khasiat dan kegunaan tanaman herbal sisik naga :

  1. Gondongan.
  2. TBC kulit dengan pembesaran kelenjar getah bening.
  3. Sakit kuning.
  4. Mempermudah  buang air besar (sembelit), sakit perut.
  5. Disentri.
  6. Kencing nanah.
  7. Batuk.
  8. Abses paru-paru, TB paru disertai batuk darah.
  9. Perdarahan, seperti luka berdarah, mimisan, berak darah, muntah darah, perdarahan pada perempuan,
  10. Reumatik.
  11. Keputihan.
  12. Kanker payudara.

CARA PEMAKAIAN Untuk Pengobatan tanaman herbal Sisik Naga :

  • Untuk herbal yang diminum: Bersihkan terlebih dahulu tanaman ini dengan dicuci, kenudian rebuslah 15-60 g daun, kemudian saringlah dan air rebusannya diminum.
  • Jika digunakan untuk pemakaian luar: Bersihkan dahulu tanaman herbal sisik naga dengan dicuyci, Rebuslah hingga mendidih, air rebusan ini bisa digunakan untuk  mencuci kudis, koreng, atau berkumur bagi penderita sariawan dan radang gusi.
  • Cara lain : Haluskan tanaman herbal sisik naga ini dengan  giling herba segar hingga  halus, lalu tempelkan  pada tempat  yang sakit pada penyakit-penyakit kulit, seperti kudis, kurap, radang kulit bernanah, radang kuku, atau luka berdarah.

BEBERAPA CONTOH PEMAKAIAN TANAMAN HERBA SISIK NAGA :

a. Pengobatan Radang gusi.

Bersihkan terlebih dahulu bagaian daun tanaman sisik naga secukupnya sampai bersih, kemudian kunyahlah. Biarkan kunyahan tersebut beberapa waktu di bagian gusi yang sakit.  Kemudian buang ampasnya. Hal ini dilakukan 3-4 kali sehari, hingga sembuh.

b. Pengobatan Reumatik pada jaringan lunak.

Bersihkan terlebih dahulu dengan dicuci hingga bersih daun sisik naga yang masih segar sebanyak 15-30 g , kemudian rebuslah dengan 3 gelas air. Didihkan hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saringlah dan air saringan  ini diminum, sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.

c. Sakit kuning

Bersihkan terlebih dahulu daun tanaman herbal sisik naga yang masih segar  ini dengan dicuci hingga bersih sebanyak  15-30 g , kemudian rebuslah  dengan 3 gelas air hingga airnya tinggal separonya. Setelah dingin, saringlah  dan minumlah sebanyak  3 kali sehari  masing-masing 1/2 gelas hingga sembuh.

d. Sariawan
Bersihkan terlebih dahulu daun tanaman herbal sisik naga, sebanyak  1 genggam hingga  bersih, kemudian rebuslah dengan 2 gelas air hingga mendidih. Dan gunakan airnya untuk berkumur ketika masih  hangat.

e. Untuk menghentikan perdarahan
Bersihkan terlebih dahulu dengan dicuci daun tanaman herbal sisik naga yang masih segar sebanyak ci 30 g, kemudian  haluskan, Kemudian peraslah dan disaring kemudian,  lalu air saringannya diminum.Ramuan herbal ini diminum 3 kali sehari hingga  sembuh.

Category: Tanaman Herbal

Comments (1)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. alfg says:

    belinya dimana??

Leave a Reply

%d bloggers like this: