728×90

Tanaman herbal Indonesia – Temu lawak

| July 6, 2012 | 0 Comments

 Tanaman herbal Indonesia   Temu lawakTEMU LAWAK

Nama Latin : Curcuma xanthorrhiza Roxb.

Nama Lokal : Temu lawak.

Diskripsi : Temu lawak adalah tanaman obat – obatan yang tergolong didalam suku temu- temuan. Tanaman herbal temu lawak ini berasal dari Indonesia, terutama pulau Jawa. Herbal ini bisa untuk obat sembelit, penyakit enzim  dan lain sebagainya, perinciannya bisa dilihat dibawah.

Adapun ciri -ciri tanaman herbal ini adalah :

  • Batang : Batang basah, tinggi sampai 2 1/2 m, banyak dihutan, juga dipelihara (tegalan).
  • Akar : Bulat seperti telur ayam atau lebih, dengan 3 – 4 rhisoma tambahan sebesar jempol, rishoma tambahan ; pada panjangnya pinggir kuning muda, ditengah kuning tua, berbau tajam , rasanya pahit.
  • Tangkai bunga : Tinggi 3 cm, 1 1/2 cm.
  • Bunga : Berwarna kuning, dengan bibir kuning tua, dalam grombolan yang terdiri dari 3 – 4 bunga diketiak daun salam yang hijau.

Zat yang terkandung didalam herbal ini adalah : Rhisoma ; pati (hanya ada sesudah musim kemarau).

Berikut ini beberapa resep yang menggunakan tanaman herbal temu lawak :

  1. Membersihkan darah : Ambilah rimpang temu lawak, lalu iris -irislah tipis – tipis, kemudian jemur sampai kering. Setelah kering seduhlah pakai air hangat, seperti minum teh. Apabila rasanya pahit berilah gula merah secukupnya.
  2. Penyakit enzim : Ambilah rimpang temu lawak sebesar telur ayam, asam jawa sebesar telur merpati. Rebuslah dengan 2 gelas air, tambah gula aren secukupnya, rebus sampai mendidih hingga airnya tinggal setengahnya. Saring. Minum selagi hangat, minumlah setiap hari selama 1 bulan.
  3. Lever, demam malaria, sembelit, memperbanyak ASI : Ambilah rimpang temu lawak, kemudian parut dan peras airnya, lalu minumlah air perasan tersebut. Atau bisa juga dengan merebus temulawak yang kering.
  4. Capek karena habis kerja atau sehabis sakit : Ambilah rimpang temu lawak 50 g, cuci bersih, kemudian parut dan rebuslah dengan air secukupnya hingga mendidih. Dinginkan. Minumlah 2x sehari 1 gelas. Bila perlu dapat juga ditambah madu atau gula aren.

Peringatan : Penderita ginjal alangkah baiknya tidak minum sari temu lawak mentah, karena berbahaya.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 1.0/10 (1 vote cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: -1 (from 1 vote)
Tanaman herbal Indonesia - Temu lawak, 1.0 out of 10 based on 1 rating
460×60 Cara Pesan Produk Online Baitulherbal.com

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: