728×90

Tanaman Herbal Jahe dan Khasiatnya

| June 8, 2011 | 0 Comments

Tanaman herbal jahe dan khasiatnya. Jahe (zingiber officinale) adalah tumbuhan berbatang semu atau berbatang basah yang menghasilkan umbi atau akar rimpang. Tumbuhan ini berasal dari Asia Tenggara yang dikenal sebagai rimpang berbau harum dan terasa pedas. Di Indonesia tanaman ini tumbuh subur didaerah dataran rendah sampai pegunungan.

Jahe memiliki beberapa nama, misalnya ” jae” (jawa timur), “jahe” (jawa barat), “Halia” (Sumatera) dan “Lai” (Kalimantan). Jahe mempunyai daun berbentuk lidah, bulat panjang, sedangkan bunganya tersembul dari tanah berbentuk tongkat atau bulat telur.

Dari jenis ukurannya, jahe dibedakan menjadi jahe besar (jahe gajah), jahe kecil (jahe emprit), dan jahe merah (jahe sunti). Dari ketiga jenis jahe itu, yang sering digunakan sebagai obat adalah jahe merah. Karena jahe merah lebih banyak kandungan minyak atsirinya. Sedangkan jahe putih besar (jahe gajah) dapat dibuat “asinan jahe” yang merupakan bahan ekspor potensial. Dan jahe kecil (emprit)dapat dibuat permen jahe, manisan, sirup, instant, serbat dan sekoteng.

Cara menanam jahe adalah sbb :

ini merupakan gambar tanaman jahe yang kaya akan manfaat

Tanaman Jahe

Jahe dapat ditanam dipekarangan rumah dan tumbuhnya tidak banyak membutuhkan pemeliharaan khusus. Seperti tanaman berumbi lainnya, untuk pertumbuhannya jahe membutuhkan tanah yang gembur dan subur serta sinar matahari yang cukup.

Tumbuhan dari suku zingi beranceae ini kebanyakkan ditanam orang sebagai tanaman lainnya, dipekarangan maupun tegalan.

Untuk menanam jahe, bibit yang dipakai adalah akar rimpang yang memiliki 3 – 4  mata tunas dan berasal dari rimpang yang umurnya sekitar 10 bulan. Jika pemeliharaannya baik, dalam waktu beberapa bulan jahe sudah mulai bisa dipanen.

Berikut adalah khasiat tanaman herbal jahe sebagai obat tradisional  :

Banyak obat-obat yang menggunakan jahe sebagai bahannya.

-   Sebagai obat bobok untuk mengobati reumatik atau pegal linu, yang menyerang persendian kaki maupun tangan dan anggota badan lainya. Cara membuat ramuannya  ;  Jahe diparut kemudian dicampur minyak kayu putih sedikit kemudian digosokkan atau dibobok pada bagian badan yang terasa linu.

Sebagai obat herbal penghilang mual dan kembung. Secara tradisional jahe digunakan sebagai obat pencegah mual dan kembung, ketika menempuh perjalanan jauh.

Sebagai penghangat badan  ; Untuk hal ini biasanya dibuat wedang jahe (wedang serbat) dan diminum ketika masih hangat. Minuman ini dibuat dengan cara menyeduh air panas irisan atau tumbuhan jahe yang dibubuhi gula jawa secukupnya.

Sebagai penghilang mual dan muntah saat hamil ;  Beberapa teks pengobatan menganjurkan wanita hamil agar mengonsumsi jahe untuk menghilangkan rasa mual dan muntah selama kehamilan. Mengunyah jahe dapat merangsang pengeluaran air liur dan cairan pencernaan, sehingga mengurangi mual dan muntah.

 

Sumber  :  Buku Tanaman Obat

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: