Tanaman Herbal Jati Belanda Sebagai Pelangsing

| October 26, 2012 | 0 Comments

Nama Latin :  Gauzuma ulmifolia Namk.

Nama Lokal :  Jati londo, jati sabrang

Diskripsi :  Jati belanda adalah tanaman herbal yang tumbuh baik diiklim tropis seperti di negara kita ini adalah negara Indonesia. tanaman ini tumbbuh didataran rendah dengan ketinggian 800 m diatas permukaan laut. Jati benda biasanya ditanam sebagai pohon peneduh atau juga sebagai tanaman pekarangan dan merupakan tanaman liar begitu saja.

Ciri-ciri tanaman herbal jati belanda adalah sbb  :

Ini merupakan gambar jati belanda

Jati Belanda

  1. Pohon  :  Berbatang keras bercabang, kayu bulat, dengan permukaan yang kasar dan berwarna kehijauan.
  2. Daun  :  Berbentuk bulat telur, berwarna hijau dengan pinggiran bergerigi, permukaan kasar, ujung runcing, pangkal berlekuk.
  3. Bunga   :   Berwarna kuning, berbau wangi, serta mempunyai titik merah dibagain tengah, berbentuk mayang dan muncul dibagain ketiak daun.
  4. Buah  :  Berbentuk bulat, keras, memiliki ruang, permukaan tidak rata berwarna hijau ketika masih muda dan berubah warna menjadi coklat setelah tua.

Zat kimia yang terkandung didalam jati belanda adalah   :   Tanin, lendir, zat pahit, damar.

Berikut adalah ramuan obat herbal tradisional jati belanda :

  1. Sebagai obat kaki gajah  :  Ambil daun jati belanda yang segar dan berwarna hijau tua, keringkan dengan cara diangin-anginkan, jangan sampai terkena sinar matahari, karena dengan pengeringan yang tidak benar akan mengurangi zat aktif yang terkandung didalamnya. Setelah kering haluskan menjadi serbuk. Kemudian ambil 20 gr serbuk dan seduh dengan air panas. Saring. Minum air saringan tadi 2 x sehari.
  2. Sebagai obat pelangsing : Ambil 7 helai jati belanda, daun tempuyung 7 helai, serbuk majakan sedikit, air 115 ml, rebus atau seduh dengan air mendidih. Minum 1 x sehari 100 ml, lakukan selama 30 hari.
  3. Sebagai obat perut kembung  :  Buah jati belanda dijadikan bubuk 1 sdt, air mendidih 100 ml, minyak adas 1 tetes. Seduh. Minum 2 x sehari, tiap minum 100ml, lakukan selama 7 hari.

Disari dari berbagai sumber

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: