Tanaman Herbal Jeruk

| November 19, 2012 | 2 Comments

TANAMAN HERBAL JERUK

Nama latin : Citrus sp

Nama lokal : Jeruk

Diskripsi : Jeruk atau limau adalah semua tanaman berbunga anggota marga Citrus  dari suku  Rutaceae (suku jeruk-jerukan).

Ini adalah gambar jeruk manis
Jeruk manis

Anggotanya berbentuk pohon yang buahnya berdaging dan rasanya masam segar, ada juga yang anggotanya mempunyai rasa manis. Rasa asam memang berasal dari kandungan sitrat yang terkandung pada semua anggotanya.  Sebutan “jeruk” kadang-kadang juga disematkan pada beberapa anggota marga lain yang masih berkerabat dalam suku yang sama, seperti kingkit. Dalam bahasa sehari-hari, penyebutan “jeruk” atau “limau” (di Sumatra dan Malaysia) seringkali berarti “jeruk keprok” atau “jeruk manis”. Di Jawa, “limau” (atau “limo”) berarti “jeruk nipis”. Jeruk sangatlah beragam dan beberapa spesies dapat saling bersilangan dan menghasilkan hibrida antarspesies (‘interspecific hybrid) yang memiliki karakter yang khas, yang berbeda dari spesies tetuanya. Keanekaragaman ini seringkali menyulitkan klasifikasi, penamaan dan pengenalan terhadap anggota-anggotanya, karena orang baru dapat melihat perbedaan setelah bunga atau buahnya muncul. Akibatnya tidak diketahui dengan jelas berapa banyak jenisnya. Penelitian-penelitian terakhir menunjukkan adalah keterkaitan kuat Citrus

ini adalah gambar jeruk nipis
Jeruk nipis

dengan genus Fortunella (kumkuat), Poncirus, serta Microcitrus dan Eremocitrus, sehingga ada kemungkinan dilakukan penggabungan. Citrus sendiri memiliki dua anakmarga (subgenus), yaitu Citrus dan Papeda. Asal jeruk adalah dari Asia Timur dan Asia Tenggara, membentuk sebuah busur yang membentang dari Jepang terus ke selatan hingga kemudian membelok ke barat ke arah India bagian timur. Jeruk manis dan sitrun (lemon) berasal dari Asia Timur, sedangkan jeruk bali, jeruk nipis dan jeruk purut berasal dari Asia Tenggara. Banyak anggota jeruk yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pangan, wewangian, maupun industri. Buah jeruk adalah sumber vitamin C dan wewangian/parfum penting. Daunnya juga digunakan sebagai rempah-rempah. Zat yang terkandung dalam jeruk adalah vitamin C.

Ciri-ciri tanaman herba jeruk adalah sbb :

  • Bunga : berbentuk majemuk dalam 1 tangaki, tiap 1 kuntum bunga memiliki 2 jenis kelamin, berwarna putih kecuali bunga jeruk nipis dan jeruk purut (berwarna kemerahan hingga keunguan), berbau harum.
  • Buan : berbentuk bulat atau lonjong sedikit memanjang, tangakai buah besar dan pendek, kulit tebal dan ulet dan ada juga yang tipis tidak ulet, dinding kulit berpori-pori.

Berikut adalah beberapa khasiat tanaman herbal jeruk :

  1. Jeruk manis : Berkhasiat sebagai pencuci mulu, sariawan sebagai daya tahan tubuh.
  2. Jeruk nipis : Bisa sebagai obat herbal, sebagai bahan kecantikan dan bisa juga sebagai bumbu masak.
  3. Penyakit batuk tanpa demam : Ambil jeruk nipis potong dan peras ambil airnya tambahkan madu sebanyak air jeruk nipis, aduk rata, Minum 3 x sehari 1 sdm untuk orang dewasa dan 1/2 sdm untuk anak-anak.
  4. Obat batuk disertai pilek : Jeruk nipis 1 buah, minyak kayu putih dan kapur sirih secukupnya. Jeruk nipis diperas dan ambil airnya kemudian tambahkan minyak kayu putih dan kapursirih secukupnya, aduk rata, kemudian oleskan pada dada, leher dan punggung.
  5. Sakit demam pada anak : jeruk nipis 1 buah, bawang merah 1 siung, bawang putih 1 siung, minyak kelapa 1 sdm dan garam secukupnya. Peras jeruk nipis, kemudian bawang merah dan bawang putih diparut, lalu campur semua bahan kemudian kompreskan pada ubun-ubun dan dahi.
  6. Obat panas, menggigil, dingin : Jeruk nipis 1 buah, 1/2 pelepah daun pepaya, kencur 1 ruas. Belah jeruk nipis kemudian rebus ketiga bahan dengan 3 gelas air hingga airnya tinggal 1 gelas, saring. Minum sehari 3 x, 1/2 gelas.
  7. Batuk umum : 1 buah jeruk nipis, kecap dan madu secukupnya. Belah jeruk nipis dan peras ambil airnya, kemudian campur ketiga bahan tersebut aduk hingga rata. Minum 1 x sehari 1 sdm untuk dewasa, 3 x sehari 1 sdt untuk anak-anak.

Itulah tadi beberapa pembahasan tentang herba jeruk sebagai obat dan manfaat lain nya, untuk menghadapi harga obat yang sekian melambung, kita sadari bahwa yang ada disekitar kita bisa menjadi obat untuk anda, obat yang murah meriah tanpa efek samping, herbal alami. Marilah kita kembali kealam, dengan herbal hidup akan senantiasa sehat, kapan lagi kalau tidak sekarang.

Dikutip dari berbagai sumber

Category: Tanaman Herbal

Comments (2)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. bening says:

    infonya kurang lengkap lha… 🙁

    • baitul herbal says:

      Kami berusaha sebaik mungkin memberikan informasi kepada Bapak/Ibu/Sdr/i semua, namun bila dirasa kurang lengkap dapat bertanya kepada ” Google.com”

Leave a Reply

%d bloggers like this: